Penyebaran virus corona sudah sampai di Qatar. Bahkan pagi ini, MotoGP melalui situs resminya mengumumkan penundaan seri perdana balapan musim 2020 di sirkuit Losail, Qatar.

Indonesia yang sampai saat ini masih steril dari virus mematikan tersebut harus berhati-hati dengan senantiasa menerapkan pola hiudp sehat dengan mengonsumsi makan bergizi tinggi, khususnya yang kaya akan protein.

Dilansir dari situ alodokter.com pada senin (2/3/2020), salah satu manfaat dari protein adalah membentuk antibodi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Waspada Wabah Corona, Kelas Perdana MotoGP di Qatar Resmi Batal

Berbagai makanan yang berprotein tinggi kerap kita jumpai di meja makanan di rumah kita, salah satunya adalah daun Kelor.

Berdasarkan berbagai penelitian, Daun Kelor memiliki kandungan protein, vitamin, antioksidan, dan mineral yang tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Dikutip dari bergelora.com, Spesialis Gizi Klinik, Dr Widjaja Lukito, PhD. Sp.GK menyampaikan manfaat mengonsumsi daun kelor.  “Yang penting adalah tetap mempertahankan gizi seimbang dengan variasi jenis makanan bergizi tinggi. Daun Kelor bagus untuk menjadi suplemen meningkatkan daya tahan tubuh, melawan ancaman virus Corona”, jelasnya.

Kandungan Daun Kelor yang Mengejutkan

Dikutip dari berbagai sumber, tumbuhan dengan nama latin Moringa Oleifera ini memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari DKBM (Daftar Komposisi Bahan Makanan ) Indonesia, daun kelor mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro. Pada tabel DKBM, terdapat informasi mengenai kandungan daun kelor.

Kandungan daun kelor menurut DKBM Indonesia mengandung 82 kalori energi; 6,7 gram protein; 1,7 gram lemak; 14,3 karbohidrat; 440 mg kalsium; 70 mg fosfor; 7 mg zat besi; 11300 IU vitamin A; 0.21 vitamin B; dan 220 mg vitamin C.

Kandungan daun kelor segar sebanyak 100 gram terdiri dari 92 kalori energi; 6,8 gram protein; 1,7 gram lemak; 12,5 gram karbohidrat; dan 0,9 gram serat. Daun kelor juga mengandung beberapa jenis vitamin yang penting.

Kandungan vitamin di dalam 100 gram daun kelor segar, di antaranya adalah 6,78 mg karoten vitamin A; 0,06 mg tiamin (vitamin B1); 0,05 mg riboflavin (vitamin B2); 0,8 mg niasin (vitamin B3); dan 220 mg vitamin C.

Daun kelor segar juga terdiri dari beberapa kandungan mineral. Kandungan mineral daun kelor segar terdiri dari 440 mg kalsium; 0,07 mg tembaga,; 0,85 mg zat besi; 42 mg magnesium; 70 mg fosfor; 259 mg kalium; dan 0,16 mg seng.

Perbandingan kandungan daun kelor dengan  bahan pangan lain yang terkenal akan kandungan gizinya pada zat gizi tertentu:

  1. Kandungan vitamin C 7x lipat dibandingkan dengan jeruk segar
  2. Kandungan vitamin A 4x lipat dibandingkan dengan wortel
  3. Kandungan kalsium 4x lipat dibandingkan dengan susu
  4. Kandungan kalsium 3x lipat dibandingkan dengan pisang
  5. Kandungan protein 2x lipat dibandingkan dengan yogurt
  6. Kandungan zat besi 3/4x lipat dibandingkan dengan daun bayam

Selain mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, daun kelor ternyata berkhasiat untuk kecantikan dengan mengolahnya menjadi masker.

Dengan memakainya sebagai masker dua kali dalam seminggu,  daun kelor juga bermanfaat untuk menghilangkan tanda penuaan dini, mencegah keriput, menghilangkan flek hitam, dan mencegah jerawat.

Bagaimana sahabat, makan siang nanti menunya daun kelor saja ya ! Tidak ada salahnya juga untuk sedia payung sebelum hujan dengan menanam Pohon Kelor yang kaya manfaat di pekarangan rumah sahabat.

Dikutip dari berbagai sumber: bergelora.com, alodokter.com, doktersehat.com