Mataram – Klaster Magetan menjadi klaster penyebaran virus corona yang belakangan ini terus memberikan sumbangan kasus positif yang terus meningkat di NTB. Klaster Magetan di NTB berasal dari santri-santri yang pulang kampung dari salah satu Ponpes di di daerah tersebut.

Terbaru (19/5), dari penambahan kasus positif corona di NTB sebanyak 18 kasus, Empat orang diantaranya yang berasal dari Kabupaten Lombok Barat terpapar corona karena pernah melakukan perjalanan ke daerah Magetan, Jawa Timur. Berikut detail selengkapnya:

  1. Pasien nomor 378, an. An. IA, laki-laki, usia 18 tahun, penduduk Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  2. Pasien nomor 379, an. Tn. A, laki-laki, usia 20 tahun, penduduk Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  3. Pasien nomor 380, an. Tn. AM, laki-laki, usia 21 tahun, penduduk Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  4. Pasien nomor 382, an. An. MR, laki-laki, usia 18 tahun, penduduk Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.

“Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 tidak pernah. Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik,” jelas Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi yang juga Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan penanganan covid-19 di NTB.

Sebelumnya (17/5), di Kabupaten Sumbawa juga terjadi hal serupa. Klaster Magetan menjadi klaster baru penyebaran virus corona di daerah tersebut. Berikut detail pasien positif corona dari Klaster magetan asal Kabupaten Sumbawa berdasarkan rilis resmi Sekda NTB pada 17 Mei lalu:

  1. Pasien nomor 366, an. An. ATJP, laki-laki, usia 15 tahun, penduduk Desa Pada Suka, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  2. Pasien nomor 367, an. An. RA, laki-laki, usia 14 tahun, penduduk Kelurahan Brang Bara, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  3. Pasien nomor 368, an. Tn. S, laki-laki, usia 20 tahun, penduduk Desa Labuan Burung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  4. Pasien nomor 369, an. An. PA, laki-laki, usia 17 tahun, penduduk Desa Labuan Sumbawa, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.
  5. Pasien nomor 370, an. An. MIA, laki-laki, usia 16 tahun, penduduk Desa Dalam, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Magetan Jawa Timur.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (19/5/2020) sebanyak 392 orang, dengan perincian 244 orang sudah sembuh, 7 (tujuh) meninggal dunia, serta 141 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Adapun untuk kabupaten Lombok Barat, berdasarkan update di situs resmi corona NTB, total kasus positif corona sebanyak 61 orang dengan rincian 38 orang telah sembuh dan 23 orang lainnya masih menjalani perawatan dengan kondisi baik.

Sedangkan untuk Kabupaten Sumbawa masih dari sumber yang sama, total kasus positif corona sebanyak 29 orang dengan rincian 11 orang dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan 17 orang lainnya masih menjalani perawatan dengan kondisi baik. (red/_dwr)