Lensamandalika.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus gerak cepat, geber dan gaspol melakukan kunjungan kerja ke Destinasi-destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

Setelah sebelumnya mengunjungi Danau Toba di Sumatera Utara dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Menparekraf Sandi Uno pada tanggal 12-13 Januari mendatang dijadwalkan akan mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Provinsi NTB yang Oktober mendatang akan menggelar even balap internasional Moto GP.

Berdasarkan jadwal kunjungan Kerja yang ramai beredar di sosial media Whatsapp, kunjungan Sandi Uno ke Mandalika akan diisi oleh beberapa agenda diantaranya mengunjungi sentra UMKM, Shalat di Masjid Nurul Bilad Mandalika hingga menikmati matahari terbenam di Bukit Merese.

Berdasarkan jadwal itu, Kedatangan Sandi Uno ke Bumi Seribu Masjid direncanakan pada 12 Januari menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 434 dari Jakarta yang akan mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL) Sekira pukul 09.00 WITa dan langsung dilanjutkan dengan agenda Pemaparan Progress BIL oleh AP1 dan Peninjauan proyek.

Selesai di BIL, Sandi Uno akan bertolak ke Poltekpar Lombok selanjutnya makan siang di Rumah Makan Asri di Kota Praya – Lombok Tengah dengan Menu tradisional sasak. Selanjutnya, agenda dilanjutkan dengan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di Masjid Agung Praya.

Selesai di Praya, Sandi Uno akan menlanjutkan agendanya yakni Kunjungan dan Diskusi pelaku tenun dan kriya ke Desa Wisata Tenun Sukarara hingga sekira pukul 14.30.

Selepas itu dilanjutkan dengan Kunjungan dan Diskusi bersama Pokdarwis dan UMKM Desa Adat Sade di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah sekira Pukul 15.00

Selanjutnya, masih berdasarkan jadwal tersebut, Sandi Uno dijadwalkan melaksanakan shalat ashar di Masjid Nurul Bilad Mandalika yang dilanjutkan dengan Kunjungan sentra UMKM Bazaar Mandalika dan Pemaparan Progress Pengembangan The Mandalika di Balawista, Kuta Beach Park, Mandalika.

Agenda sore itu akan ditutup dengan menikmati matahari terbenam di Bukit Merese yang masih dalam wilayah KEK Mandalika.

Sandin Uno dijadwalkan akan menginap malam di Novotel Kuta Lombok. Agenda kemudian dilanjutkan dengan berkunjung dan shalat isya di Islamic Center Hubbul Wathan dilanjutkan dengan makan malam bersama Gubernur, Forkopimda, asosiasi pariwisata NTB, ASITA, PHRI, Central Ekraf, UMKM di Islamic Center, Kota Mataram hingga pukul 22.00 Wita.

Sementara itu, untuk hari kedua tanggal 13 Januari 2021, Menparekraf suksesor Wishnutama itu akan melanjutkan agenda yakni bersepeda pagi di Kawasan Mandalika dilanjutkan dengan mengunjungi Homestay di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol, Kec. Pujut hingga pukul 11.00 Wita.

Sebekum bertolak kembali ke Jakarta, Menparekraf Sandi Uno kembali makan siang di Rumah Makan Asri di Koylta Praya.

Kunjungan Sandi Uno ke Mandalika diharapkan dapat semakin mempercepat pembangunan dan pengembangan kawasan Mandalika sehingga harapan menjadi tuan rumah Moto GP 2021 pada Oktober mendatang bukan sekedar isapan jempol belaka. (Red/dwr)