Lensamandalika.com – Camat Pujut, Lalu Sungkul, S.Pd, beberapa hari lalu mengeluarkan imbauan agar warga tidak melakukan aktifitas di areal sirkuit Mandalika.

Tak hanya untuk masyarakat kecamatan Pujut, imbauan yang dikeluarkan Lalu Sungkul itu juga berlaku untuk warga yang berkunjung ke Mandalika, termasuk instansi dinas maupun swasta. Hal tersebut semata-mata demi menjaga kualitas dan keamanan sirkuit.

Dalam surat tersebut terdapat tiga poin imbauan, diantaranya agar warga tidak melintasi jalur sirkuit dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, bahkan sepeda sekalipun.

Pada poin selanjutnya, Camat yang dikenal menguasai lima bahasa asing itu juga mengimbau agar pejalan kaki yang membawa makanan ringan dan berjalan sambil merokok agar tidak membuang sampah atau kulit makanan hingga puntung rokok di areal sirkuit.

Terakhir, warga juga diimbau agar sementara waktu tidak mengajak keluarga dan sanak famili lainnya untuk tidak berekreasi di jalur sirkuit Mandalika.

Imbauan tersebut menuai pro dan kontra, namun kemungkinan tetap akan ditepati oleh warga. Meski demikian, imbauan tersebut tak berlaku untuk hewan kerbau yang kedapatan melintas dengan santuy (baca: santai) di areal sirkuit Mandalika.

Hal tersebut berdasarkan foto seekor kerbau yang ramai beredar di beberapa grup whatsapp. Foto kerbau tersebut tak ayal menjadi kelakar dan guyonan para pengguna whatsapp. Foto tersebut lantas diedit sedemikian rupa sehingga menjadi ‘meme’ yang kembali diviralkan di grup-grup whatsapp yang lain.

Diketahui, kerbau tersebut tidak melintas di main road sirkuit Mandalika, melainkan di bagian lainnya yang masih berada didalam areal sirkuit.

Redaksi Lensa Mandalika mencoba mengonfirmasi pihak ITDC selaku pengelola kawasan terkait hal tersebut, namun hingga berita ini dimuat masih belum mendapatkan tanggapan. (red/lm)