Lensamandalika.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memberikan tiket gratis untuk menonton gelaran Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika pada tanggal 12-14 November 2021. Tiket gratis tersebut hanya berlaku untuk warga lokal NTB saja.

Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri di Kediamanannya, Minggu (7/11). Menurutnya, terdapat beberapa peraturan umum yang nantinya harus dijalankan oleh para calon menonton sebelum bisa menonton gelaran IATC secara gratis.

Pertama, penonton akan dikumpulkan di Masjid Nurul Bilad pada setiap harinya dari tanggal 12-14 November 2021, dengan maksimum penonton 2500 orang / hari. Kemudian, penonton akan dibawa oleh bus shuttle berukuran medium dengan kapasitas 30 orang ke dalam area sirkuit melalui pintu tunnel-1.  

ITDC hanya memberikan ijin untuk sekali kedatangan (per kloter) yang masuk ke dalam area sirkuit sebanyak maksimum 500 penonton (1 kloter = 500 penonton) 

Setelah itu penonton diberikan kesempatan selama 30 menit untuk menonton event IATC, dan akan disediakan 500 kursi pada tribun di depan Gantry (1 section grand stand)

Selanjutnya setelah 30 menit, penonton akan dipersilakan masuk kembali ke dalam shuttle bus untuk diantar kembali ke Masjid Nurul Bilad dan dilanjutkan oleh penonton selanjutnya. Sebanyak maksimum 500 orang akan dibawa oleh shuttle bus dari Masjid Nurul Bilad ke area di dalam sirkuit dan itu akan dilakukan berulang sampai seluruh penonton pada hari tersebut (maksimum 2500 orang / hari – atau maksimum 5 kloter / hari) selesai.

Dalam hal ini Pemprov NTB bertanggung jawab terhadap keseluruhan operasional  (Biro Umum), bertanggung jawab terhadap protokol kesehatan atas penonton  atau Dinas Kesehatan, kemudian terhadap transportasi Dinas Perhubungan akan bertanggung jawab terhadap transportasi bus shuttle dan bertanggung jawab terhadap kebersihan adalah Dinas Pertamanan serta   bertanggung jawab atas keamanan adalah Pol PP – atas penonton yang masuk ke dalam area sirkuit.

“Kita menghimbau pihak Kepolisian untuk turut menjaga kemanan dan ketertiban penonton selama berada di area Masjid Nurul Bilad dan area di dalam Sirkuit” ujarnya. 

Pemprov NTB bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin terjadi pada perlengkapan ITDC yang telah terpasang di area dalam sirkuit (pagar pengaman sirkuit, grand stand, dan fasilitas pendukung lain), termasuk tapi tidak terbatas pada fasilitas di area sirkuit (circuit main track, run off, service road, gravel, drainage, barrier fence, sponsor’s signage).

Sebagai informasi tambahan, IATC adalah ajang balap pencarian bakat yang digelar Dorna Sports selaku organizer MotoGP dan WSBK. Balapan IATC sama halnya dengan Red Bull Rookies Cup di Eropa yang selama ini banyak menyumbang pembalap ke ajang Moto3 dan selanjutnya naik ke Moto2 dan MotoGP atau WSBK.

Dari 100 kandidat sementara ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2022, kini terdapat 20 remaja Indonesia dari usia 12 hingga 16 tahun. Mereka terpilih dari 400 kandidat awal dari 22 negara. (red/lm)