Lensamandalika.com – Dalam rangka menanggulangi kekurangan akomodasi pada gelaran MotoGP Mandalika Maret mendatang, Bupati Lombok Tengah, H L Pathul Bahri mengatakan bahwa pemerintah pusat akan menyiapkan kapal pesiar sebagai tempat menginap bagi wisatawan.

Kapal pesiar tersebut dengan kapasitas 2000 kamar tersebut, kata Pathul Bahri, Selasa (21/12) akan bersandar di pelabuhan Awang, Desa Mertak Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Politisi Partai Gerindra itu juga mengatakan bahwa pemerintah pusat aka menyiapkan kapal cepat untuk mempermudah akses wisatawan dari Bali menuju Lombok.

Dikatakannya, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi juga telah memberikan arahan agar homestay yang ada di kawasan Mandalika dan Desa Wisata bisa ditingkatkan menjadi sekelas bintang dua.

“Masih banyak yang harus disiapkan untuk MotoGP ini,” pungkas Pathul Bahri.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,13 Km dengan 17 tikungan itu akan menjadi tuan rumah untuk beberapa gelaran balapan internasional.

Diawali pada 11-13 Februari 2022 akan diadakan tes Pra Musim MotoGP dan balapannya telah dijadwalkan pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Selain MotoGP, pada tanggal 18-20 Maret 2022 itu juga akan diselenggarakan ajang balapan pencarian bakat MotoGP yaitu Idemitsu Asia Talent Cup.

Asia Talent Cup sendiri akan menjalani dua seri di Sirkuit Mandalika. Satu seri lainnya akan diselenggarakan berbarengan dengan jadwal World Superbike pada 11-13 November 2022 mendatang.

(red/lm)