LensaMandalika- KKN Unram Desa Kidang melakukan sosialisasi Desa tanggap Bencana di Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah dengan tema “sosialisasi peningkatan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam upaya mengurangi resiko bencana sebagaI upaya preventif kebencanaan” pada hari Senin, (10/01/2022)

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah. Kegiatan yang di inisiasi oleh mahasiswa KKN Tematik UNRAM Bidang Desa Tanggap Bencana merupakan kerja sama dengan pemerintah desa, karang taruna, serta di dukung oleh BPBD Lombok Tengah.

Ruslan Jayadi, S.Pd selaku sekretaris desa Kidang menyampaikan rasa terima kasih dan kesyukuran atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi desa tanggap bencana oleh mahasiswa KKN Tematik UNRAM.

“Terimakasih kepada adek-adek KKN Unram yang telah melakukan sinergi dengan berbagai pihak sehingga terselenggaranya sosialisasi ini” tukasnya

Selain itu Ruslan juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi desa tanggap bencana ini, dapat memberikan serta meningkatkan pengetahuan serta kemampuan masyarakat dalam upaya menekan resiko dan dampak yang ditimbulkan oleh bencana yang terjadi.

Sebagaimana diketahui bahwa desa kidang merupakan desa yang sering terkena oleh banjir, abrasi, dan longsor. Terutama di wilayah dusun peras dan dusun belongsong. Dusun peras adalah salah satu dusun yang berada di ujung selatan desa kidang sebelum belongsong. Wilayah dusun peras merupakan dusun yang di lalui oleh sebuah sungai besar yang melintang di sepanjang wilayah dusun peras. Sungai tersebut juga merupakan batas wilayah antara dusun peras dengan dusun bangket parak.

Disaat yang sama Ahmad Muzandi menyampaikan agar setelah dilakukannya kegiatan sosialisasi desa tanggap bencana ini masyarakat Desa Kidang umumnya dan Dusun Peras serta Belongsong khususnya dapat lebih siaga dan Tangguh dalam menghadapai potensi bencana yang akan terjadi.

“Sosialisasi ini di harapkan mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk siaga terhadap bencana” pungkas muzandi

Selain itu juga rekan KTI yang diwakili oleh bang Herman dan bang Jumadil berharap agar rekan-rekan dari kelompok karang taruna dapat turut serta mendampingi serta membina masyarakat desa kidang khususnya para pemudanya terkait dengan desa tanggap bencana ini. Selain itu, segenap kepala dusun yang hadir juga memberikan dukungan dan siap memfasilitasi KTI untuk kekgiatan yang dilakukan.

Rangkaian akhir dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah sesi foto Bersama sebagai simbol sukses dan terlaksananya kegiatan sosialisasi desa tanggap bencana di Desa Kidang Kecamatan Praya Timur Lombok tengah oleh mahasiswa KKN Tematin UNRAM yang didampingi oleh pemerintahan desa serta perwakilan BPBD Loteng yang berkesempatan hadir pada acara tersebut. (Red/Letter A)