LensaMandalika- KKN Unram Desa Tumpak melakukan sosialisasi Desa Tanggap Bencana di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah dengan judul “Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Tanggap Bencana Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Di Daerah Rawan Bencana” pada hari Sabtu, (29/01/2022)

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di Aula Kantor Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Kegiatan yang di inisiasi oleh mahasiswa KKN Tematik UNRAM Bidang Desa Tanggap Bencana merupakan kerja sama dengan pemerintah desa, serta di dukung oleh MITRA SAMYA sebagai Narasumber.

Rosadi, S.Pdi selaku Kepala Desa Tumpak menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi desa tanggap bencana oleh mahasiswa KKN Tematik UNRAM. “Terimakasih kepada adek-adek KKN Unram yang telah sukses melaksanakan sosisalisasi Tanggap Bencana ini, saya berharap setelah kegiatan ini nantinya masyarakat di desa kita ini dapat memahami akan pentingnya kesadaran terhadap bencana” tuturnya

Sebagaimana diketahui bahwa kondisi geofrafis desa Tumpak ini yang hampir seluruhnya berada di daerah perbukitan dan juga berada di daerah pesisir yang mengakibatkan desa Tumpak ini sangat berpotensi terjadinya Banjir, Abrasi, dan Tanah Longsor, Tsunami, Gempa. Terutama di wilayah dusun Mawun, Are Gulling, Petule dan dusun Tebuak. Dusun tersebut merupakan beberapa dusun yang berpapasan langsung dengan laut lepas.

Khususnya untuk dusun Mawun yang mana pada bulan februari tahun lalu dilanda banjir setinggi kurang lebih 1 – 2 Meter. Banjir tersebut terjadi akibat ulah oknum oknum tidak bertanggung jawab yang menebang pohon lalu kemudian membuang sisa sisa potongannya dibuang ke sungai yang mengakibatkan aliran sungai terganggu.

Disaat yang sama Mahyudin selaku ketua Proklim desa Tumpak menyampaikan agar setelah dilakukannya kegiatan sosialisasi Desa Tanggap Bencana ini masyarakat Desa Tumpak umumnya dan Dusun Mawun khususnya dapat lebih siaga dan Tangguh dalam menghadapai potensi bencana yang akan terjadi.

“Sosialisasi ini di harapkan mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk siaga terhadap bencana” pungkas muzandi.

Rangkaian akhir dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah sesi foto Bersama sebagai simbol sukses dan terlaksananya kegiatan sosialisasi desa tanggap bencana di Desa Tumpak Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram yang didampingi oleh pemerintahan desa, beberapa dosen dari fakultas Teknik Universitas Mataram serta perwakilan Mitra Samya yang berkesempatan hadir pada acara tersebut. (Red/Letter A)