Lensamandalika.com – Polda Metro Jaya dilaporkan bakal menyiapkan pengamanan rute yang akan dilalui konvoi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pembalap MotoGP Mandalika. Kegiatan ini nantinya dilakukan sebelum akhirnya ajang balap dimainkan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Tak hanya pembalap yang akan tampil di MotoGP Mandalika, namun beberapa rider Moto2, Moto3 dan Asia Talent Cup juga dikabarkan hadir dalam acara ini. Mereka adalah pembalap Pertamina Mandalika, Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo.

Sedangkan dua rider Indonesia lainnya juga ikut diundang untuk bertemu dengan Presiden Jokowi jelang agenda balap di Sirkuit Mandalika pekan depan. Dua pembalap Tanah Air itu adalah Mario Suryo Aji (Moto3) dan Veda Ega Pratama (Asia Talent Cup).

“Prinsipnya, kepolisian khususnya Polda Metro Jaya, akan mengamankan secara maksimal,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, seperti dilansir dari situs berita Antara, Jumat, 11 Maret 2022.

Lebih lanjut Zulpan menjelaskan bahwa pihak kepolisian bisa saja menerapkan rekayasa lalu lintas hingga penutupan jalur untuk pengamanan rute parade Presiden Jokowi dan rider MotoGP Mandalika. Nantinya konvoi itu akan dilakukan pada 16 Maret 2022.

Akan tetapi, sejauh ini pihak berwajib belum mengetahui rute mana saja yang akan diamankan. “Kita belum tahu rute pastinya, jaraknya berapa, tapi pasti pengamanannya maksimal,” kata Zulpan menambahkan.

Dirinya menyatakan bahwa keputusan rekayasa lalu lintas atau penutupan jalur ini akan dirundingkan terlebih dahulu dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Mengingat, mereka adalah pemegang komando prosedur tetap (protap) pengamanan orang nomor 1 di Indonesia.

“Kehadiran Presiden ada protapnya, kita akan kerja sama dengan unsur TNI dan Paspampres. Pengamanan lain sepanjang jalur pasti kita amankan,” ujar dia melanjutkan.

Sekedar informasi, ada beberapa pembalap MotoGP nyatanya tidak akan mengikuti konvoi di Jakarta ini. Mereka adalah Fabrio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Aleix Espargaro (Aprilia) dan Maverick Vinales (Aprilia). (red/lm)