Lensamandalika.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat membuka pendakian ke Gunung Rinjani menjelang perhelatan MotoGP Mandalika pekan depan.

Masyarakat dan wisatawan yang hendak mendaki bisa mendaftar lewat daring ke e-Rinjani pada 12 Maret 2022 dan pendakian mulai 16 Maret 2022.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah membuka pendakian Gunung Rinjani di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, pada Kamis, 10 Maret 2022.

Desa Senaru adalah salah satu pintu pendakian ke Gunung Rinjani. Sebelumnya, pendakian Gunung Rinjani tutup sejak awal tahun untuk mencegah kerumunan menjelang perayaan tahun baru.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Dedy Asriady memastikan kondisi cuaca saat ini aman untuk mendaki.

“Kami sudah berkonsultasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG,” katanya mengutip Tempo.

Selama lima tahun terakhir, sebanyak 212.856 pendaki naik ke Gunung Rinjani. Rinciannya, 72.451 wisatawan mancanegara dan 140.405 wisatawan domestik. Dalam dua tahun terakhir atau sejak pandemi Covid-19, pada 2020 sebanyak 22.596 orang mendaki dan di 2021 sebanyak 38.765 pendaki.

Sitti Rohmi Djalillah menyampaikan potensi potensi alam di kawasan Gunung Rinjani menjadi tanggung jawab besar dalam mengelola supaya tetap indah dan terjaga. “Ini adalah tempat yang luar biasa,” kata Sitti Romlah saat meresmikan pendakian Gunung Rinjani bertema Recover Together, Recover Stronger, ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan mengatakan, sekarang waktunya pariwisata bangkit setelah mengalami masa sulit yang bertubi, yakni gempa 2018 dan pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini harus menjadi pendorong kebangkitan pariwisata Kabupaten Lombok Utara,” ucapnya. (red/lm)

Keterangan foto: Seorang pendaki berpose di Puncak Gunung Rinjani (Foto: dok.ist)