Lensamandalika.com – Lombok merupakan salah satu destinasi pesisir ikonik di Indonesia yang menyimpan ragam warisan kuliner . Tidak hanya itu, di Lombok juga terdapat Destinasi Super Prioritas yang berlokasi di Lombok Tengah yaitu Mandalika.

Saat ke Mandalika, Sahabat bisa menjelajahi pesona alam Nusantara yang memanjakan mata, mulai dari pesisir pantai berpasir putih, berolahraga dengan udara segar dan alam yang asri, hingga mampir ke Mandalika International Street Circuit yang telah sukses menjadi lokasi perhelatan balapan motor kelas dunia, MotoGP.

Jalan-jalan ke Mandalika rasanya kurang seru tanpa kulineran. Sekilas, kulineran di Mandalika terbatas pada beberapa menu mainstream saja seperti Sate Bulayak, Ayam Taliwang, Nasi Puyung, ayam rarang, ataupun pelecing kangkung.

Tak banyak yang tau jika di Lombok, khususnya di sekitar kawasan Mandalika juga terdapat menu makanan laut atau Seafood yang menggugah selera. Sahabat tentu harus berkunjung kesana jika mengaku penggemar Seafood sejati.

Seafood terbaik di kawasan Mandalika bisa sahabat dapatkan dengan berkendara selama 15 menit saja ke arah timur Mandalika, atau jika sahabat berada di Bandara International Lombok (BIL), hanya butuh berkendara 30 Menit melalui jalan bypass BIL-Mandalika untuk sampai di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak.

Baca juga: 1000 Alasan buat habiskan Weekendmu di TWA Gunung Tunak

“Olahan gurita yang kami beri nama Kenonong Perengking adalah salah satu varian seafood yang wajib anda coba,” ujar General Manager Tunak Cottage and Restaurant, Rata Wijaya.

Kuliner rasa rumahan yang bakal bikin selalu terngiang, kata Rate sapaan akrabnya, adalah alasan para pengunjungnya bisa sampai ketagihan ke Gunung Tunak. Dia mengklaim masakan seafood yang dihasilkan restaurantnya, asli seperti rasa masakan ibu di rumah.

“Anda tidak akan pernah menemukan rasa yang seenak itu ditempat lain,’ katanya penuh percaya diri.

Selain Kenonong Perengkingnya yang fenomenal, seafood lainnya yang bisa dinikmati di TWA Gunung Tunak adalah Lobster, Rajungan, kepiting, hingga aneka jenis kerang dan ikan.

“Mau seafood platter juga bisa. Dan semuanya tersedia dengan bumbu khas rumahan Lombok Selatan,” jelasnya.

Selain olahan seafood khas rumahan, pemandangan sunset yang spektakuler menjadi bonus yang tidak akan sahabat dapatkan di tempat lain. Tidak hanya itu, bermalam di Gunung Tunak, sahabat juga akan mendapatkan bonus pemandangan langit bertabur bintang yang cahayanya memantul di Teluk Bumbang yang tepat berada di depan restaurant.

“Bahkan kalau ada tamu grup, bisa request live music berlatar belakang panorama yang indah menyegarkan mata itu,” terangnya.

Tunak cottage and Restaurant kata Rate, dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Dengan mengunjungi Gunung Tunak, Sahabat tentu juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Jadi tunggu apalagi, mumpung akhir pekan, TWA Gunung Tunak dengan panorama yang ciamik dan kuliner lautnya yang menggugah selera wajib masuk ke dalam list perjalananmu minggu ini. (red/lm)