Lensamandalika.com – Kampung Wisata Loang Baloq, di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih juara 1 kategori Souvenir di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Hal tersebut diungkapkan kepala dinas Pariwisata Provinsi NTB, H Yusron Hadi, Minggu (29/10/2022). Selain Desa Wisata Loang Baloq, Yusron mengatakan Desa Wisata Buwun Sejati Lombok Barat juga meraih juara harapan dua pada kategori Desa Wisata rintisan.

Penganugerahan ADWI 2022 kepada kampung wisata Loang Baloq dan desa-desa wisata lainnya Se-Indonesia berlangsung tadi malam, Minggu (30/10/2022), di Ballroom Susilo Sudirman, Kementerian Pariwisata RI.

Untuk masing-masing kategori, juara 1 mendapat hadiah uang pembinaan Rp 30 juta, juara 2 dapat Rp 25 juta, juara 3 dapat Rp 20 juta, harapan 1 dapat Rp 15 juta, dan harapan 2 mendapat Rp 10 juta.

“Ini hadiah selain tropi dan piagam penghargaan kepada para pemenang,” kata Yusron.

Yusron Hadi menambahkan, ada 11 kategori yang diperebutkan oleh 50 desa wisata yang masuk tahap akhir dari pendaftar sebanyak 3.500 desa wisata se-Indonesaia.

Dalam acara penganugerahan tersebut, hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Dalam Negeri, Menteri PUPR, Wakil Kemendes, beberapa gubernur dan para bupati atau wali kota dari 50 desa wisata.

“Alhamdulillah hasilnya (ADWI 2022 untuk NTB) lebih baik dari tahun 2021, dimana 4 desa wisata kita masuk harapan satu,” katanya.

Menurutnya Yusron Hadi prestasi ini adalah bukti sinergi dalam membangun desa wisata.

“Modal terkuat yang bisa memberi hasil yang luar biasa,” katanya.

Yusron Hadi berharap capaian ini memacu desa wisata untuk terus berkembang dan mandiri.

Pemerintah memberikan stimulasi dan mendampingi menjadi kunci utamanya dalam pembinaan desa wisata.

“Pengelola desa wisata kita harapkan supaya terus dapat menguatkan kerja timnya dan membangun semangat kemandirian untuk keberlanjutan desa wisata,” katanya. (red/lm).