Lensamandalika.com – Ruas jalan kabupaten Lombok Tengah di Desa Segala Anyar, Kecamatan Pujut yang menjadi jalur penghubung utama desa tersebut dalam keadaan rusak parah. Keadaan tersebut ditambah lagi dengan tidak adanya perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Lombok Tengah untuk perbaikannya.

Kondisi jalan yang berlubang dan bergelombang dinilai sudah tidak layak dan butuh segera diperbaiki agar setidaknya kondisi jalan menjadi lebih baik.

“Masyarakat akhirnya urunan, secara swadaya bergotong royong melakukan penimbunan,” kata tokoh pemuda setempat, Sahdi Amin kepada Lensa Mandalika, Sabtu (10/12/2022) usai bersama warga melakukan penimbunan bagian jalan yang bergelombang itu.

Dikatakannya, warga mengambil tindakan sendiri lantaran belum ada harapan jalan tersebut akan segera diperbaiki oleh pemkab Lombok Tengah. Terdapat beberapa titik yang paling parah yang dinilai membahayakan pengguna jalan dalam berkendara.

“Daripada kita nunggu-nunggu tidak jelas, lebih baik kita kerjakan sendiri dulu sejauh yang kita mampu,” tegasnya.

Pemerintah Desa Segala Anyar, kata Sahdi sempat menyampaikan permasalahan tersebut kepada Wakil Bupati Lombok Tengah pada momen hari ulang tahun desa beberapa waktu yang lalu, namun hingga kini belum ada kejelasan mengenai kapan akan dilakukan perbaikan.

“Kami sebagai masyarakat meminta agar hal ini bisa ditindaklanjuti segera, mengingat penimbunan ini juga hanya bersifat sementara,” katanya.

“Dengan kondisi musim hujan seperti sekarang ini, bisa jadi kembali mengikis material timbunan sehingga keadaan jalan akan kembali seperti semula,” imbuhnya.

Penimbunan dengan material seadanya itu dinilai tidak terlalu kuat untuk bertahan lama, mengingat hanya menggunakan pasir tanpa campuran aspal sebagai perekat.

“Ini memang untuk sementara saja, kalau yang permanen ya kami harap dari pemerintah daerah bisa segera eksekusi,” pungkasnya. (red/lm)