Lensamandalika.com – Setelah melalui tahapan yang cukup panjang, dua Kepala Desa pergantian antar waktu (PAW) akhirnya dilantik oleh Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, Jumat (30/12/2022).

Kepala Desa PAW yang dilantik oleh Bupati pada momen hari Jumat berkah tersebut adalah Kepala Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut, Ahmad Zaini, dan Kepala Desa Sukarara Kecamatan Jonggat, H Saman Budi.

Prosesi pelantikan berlangsung khidmat dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, DR H M Nursiah, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Tengah, Asisten Bupati, Camat Jonggat, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ditemui usai acara pelantikan, tokoh pemuda Desa Segala Anyar, Muhammad Sahdi Amin mengatakan Kepala Desa harus bergerak cepat mengingat periode pemerintahan yang tersisa hanya sekitar dua tahun.

“Banyak yang harus segera diselesaikan dalam waktu yang tergolong singkat ini,” cetusnya.

Dikatakannya, PR pertama yang harus diselesaikan oleh Kepala Desa khususnya di Desa Segala Anyar adalah polarisasi yang sempat terjadi ketika masa pemilihan. Tidak dipungkiri, jika dibiarkan akan mengganggu kestabilan pemerintahan kedepannya.

“Kades harus bisa merangkul semua kalangan, menyatukannya dalam satu gerbong. Intinya kita semua satu tujuan. Seperti kata Bupati tadi, semua harus dilakukan dengan semangat kebersamaan,” ungkapnya.

Sahdi juga menyoroti perihal pelayanan pemerintahan di Kantor Desa yang juga harus semakin ditingkatkan. Dikatakannya, diperlukan inovasi-inovasi yang lebih kreatif untuk lebih memudahkan dan mempercepat pelayanan di Kantor Desa.

“Perkembangan teknologi ini kan luar biasa, pemerintah desa juga harus bisa memanfaatkan momentum ini, misalnya dengan pelayanan dan data-data yang terdigitalisasi sehingga keterbukaan informasi juga bisa benar-benar bisa diakses dengan cepat dan mudah,” terangnya

Senada dengan Sahdi, mantan ketua Karang Taruna Karya Muda Desa Segala Anyar, Edi Wiranata mengatakan bahwa dalam waktu depat, pemerintah desa dengan dipimpin kades yang baru dilantik, harus segera melakukan pemetaan potensi desa, termasuk pemetaan aset-aset desa yang ada.

“Produk-produk unggulan desa Segala Anyar harus dicatat untuk ditetapkan model dan arah pengembangannya. Desa ini (Segala Anyar) mempunyai segudang potensi untuk maju, khususnya bidang pertanian,” ungkapnya ketika ditemui terpisah, Sabtu (31/12/2022).

Mengenai keterbukaan informasi, menurutnya pemerintah desa bisa memanfaatkan media-media sosial yang bersifat gratis untuk memperluas jangkauan informasi kepada masyarakat.

“Media sosial seperti facebook, instagram ini kan tinggal dimanfaatkan saja. Ya tinggal pemdesnya aja yang harus kreatif dalam mengolah semua informasi untuk dibagikan. Keterbukaan informasi khususnya mengenai penggunaan DD dan ADD memang sangat krusial untuk masyarakat bisa mengetahui penggunaannnya,” imbuhnya.

“Webite Desa juga sudah ada kemarin saya cek-cek domainnya, tinggal rutin diisi dan dibagikan saja biar masyarakat bisa realtime mendapatkan informasi,” pungkasnya.

Sebagai informasi kepada sahabat Lensa Mandalika, pemilihan, pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Desa PAW Desa Segala Anyar dilakukan setelah kepala desa definitif mengundurkan diri lantaran lolos seleksi sebagai ASN dari jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). (red/lm)