Lensamandalika.com – Perjuangan kontingen Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pekan olahraga provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat memuaskan.

Hal tersebut dibuktikan dengan posisi kontingen Lombok Tengah pada klasemen akhir Porprov NTB 2023 yang naik dua peringkat ke posisi keempat dibandingkan Porprov 2018 yang hanya finish di posisi keenam.

Selain itu, raihan medali juga naik secara signifikan. Pada Porprov 2018 silam, kontingen Lombok Tengah berhasil mengumpulkan total 117 medali dengan rincian 25 Emas, 37 Perak dan 55 perunggu. Sedangkan pada Porprov kali ini, raihan total medali menjadi 168 dengan rincian 40 Emas, 50 Perak, dan 78 Perunggu.

Diungkapkan M Samsul Qomar yang merupakan ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lombok Tengah, para atlet binaannya berhasil melampui target medali emas yang telah dicanangkan sebelumnya.

“Naik dari peringkat 6 2018 lalu. Dari 25 emas 2018, jadi 40 emas di 2023. Melampaui target 30 emas,” ungkap M Samsul Qomar mengutip Whatsapp Group Pit Stop Mata, Ahad (26/2/2023).

Terpisah, Ketua Harian Koni Lombok Tengah, Lalu Mukmin Jahar mengapresiasi dan menaruh kebanggan kepada seluruh atlet yang telah mengharumkan nama Bumi Tatas Tuhu Trasna (Tastura) pada ajang Porprov NTB 2023.

Dirinya berkomitmen untuk membina pemuda-pemudi Lombok Tengah agar kedepan bisa semakin banyak yang bisa menoreh prestasi pada berbagai cabang olahraga.

Dirinya mengaku melihat potensi untuk mencetak atlet baru dari berbagai cabang olahraga seperti Tinju, Petanque, Triathlon, Catur, Bola Volley, Surfing dan lain-lain.

“Khususnya untuk anak-anak kita dari Kecamatan Pujut. Sebagai Ketua Harian Koni Loteng, kami akan terus melakukan pendataan untuk pembinaan dengan berkolaborasi bersama organisasi kepemudaan yang ada,” ungkapnya.

“Melalui olahraga mari kita harumkan nama daerah, kami berharap dengan ketertarikan pemuda kita untuk berprestasi dalam olahraga, bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang unfaedah,” pungkasnya.

Sebagai informasi untuk Sahabat Lensa Mandalika, berikut perolehan medali pada k

Perolehan medali klasemen akhir Pekan Olahraga Provinsi NTB 2023 (Foto: dok,ist)

(red/lm)