Lensamandalika.com – Keberhasilan aparat Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Pujut bersama Tim Resmob Polres Lombok Tengah dalam menangkap terduga pelaku pencurian kabel PJU Bypass BIL- Mandalika mendapatkan apresiasi dari berbagai lapisan masyarakat, salah satunya dari Solidaritas Warga Inter Mandalika (SWIM).

Ketua SWIM Lalu Alamin mengapresiasi gerak cepat aparat kepolisian dari Polsek Pujut dalam menanggulangi aksi pencurian kabel PJU BYpass Bil-Mandalika.

Ditemui di kediamannya, Selasa (18/7/2023), Lalu Alamin mengatakan keberhasilan aparat menangkap terduga pelaku pencurian kabel PJU itu menjawab keresahan masyarakat yang selama ini merasa dipermainkan oleh para terduga pelaku.

“Masyarakat kita sebenarnya juga melakukan patroli secara mandiri, namun ketika mereka turun, aksi pencurian kabel itu tidak ditemukan. Kami melihat ada pola-pola yang terjadwal ketika para pelaku menjalankan aksinya.

“Saya bersyukur para aparat Kepolisian kita berhasil menangkap para terduga pelaku, bahkan ditangkapnya ketika akan beraksi. Ini patut kita acungi jempol, usaha pengintaian yang mereka lakukan akhirnya membuahkan hasil,” imbuhnya.

Dikatakan Lalu Alamin, penangkapan terduga pelaku pencurian kabel ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum.

“Aparat kepolisian kita memang menjalankan tugasnya dengan baik. Penangkapan para terduga pelaku memang hanya soal waktu, buktinya sekarang sudah tertangkap,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap penangkapan pelaku tersebut bisa memberikan efek jera sehingga tidak lagi terjadi kejadian yang sama, yang berulang-ulang terhadap infrastruktur pendukung KEK Mandalika.

Dirinya mengajak kepada seluruh warga khususnya lingkar kawasan mandalika untuk samasama menjaga kondusifitas sehingga berdampak pada citra positif daerah.

“Apalagi sekarang sedang berlangsung banyak event berskala nasional dan internsioanl. Ditambah lagi sebentar lagi akan ada MotoGP,” pungkasnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kapolsek Pujut, IPTU Samsul Bahri, pelaku yang berhasil ditangkap sebanyak tiga orang. Ketiga berasal dari Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Terdapat tiga terduga pelaku yang ditangkap pada saat patroli, namun dua orang lainnya berhasil kabur.

Adapun ketiga pelaku yang saat ini masih diamankan di Polsek Pujut adalah I GD PP, 25 tahun, warga Jalan Tanjung Sari, Kelurahan Cakranegara Selatan, Kota Mataram. EH, 20 Tahun,warga Dusun Pembuwun, Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat dan IU, 40 tahun, warga Lingkungan Pusaka, Kelurahan Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota Mataram. (red/lm)