Lensamandalika.com – Berita duka datang dari gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) yang pada 11-13 Agustus 2023 yang lalu diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pembalap ARRC Haruki Noguchi meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan fatal di tikungan 10 pada seri ARRC Indonesia akhir pekan lalu di Sirkuit Mandalika.

Noguchi mengalami kecelakaan di Sirkuit Mandalika. Setelah bersenggolan dengan Zaqhwan Zaidi, Noguchi terjatuh dan kemudian bagian kepalanya terlindas motor lain.

Pembalap asal Jepang itu meninggal pada Rabu (16/8) pukul 17.40 WITA di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Presiden beserta Dewan Direksi FIM Asia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan keluarga FIM Asia Road Racing menyampaikan belasungkawa kepada keluarga teman, dan orang-orang yang mengenal Noguchi.

“Untuk menghormati keluarga Haruki Noguchi dan tim, yang telah meminta waktu privasi untuk meratapi kehilangan mereka.
Dengan sangat sedih, kami melaporkan berita duka atas meninggalnya Haruki Noguchi setelah tiga hari menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum, NTB.


Pada Putaran-4 FIM Asia Road Championship 2023 yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Haruki mengalami cedera kritis menyusul insiden di Tikungan-10, pada Lap ke-4 di kategori balap Asia Superbike 1000cc.


Pebalap berusia 22 tahun itu langsung mendapat perawatan medis di Medical Center Pertamina Mandalika International Sirkuit, sebelum dipindahkan ke rumah sakit setempat.


Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis, Haruki meninggal karena luka-lukanya pada tanggal 16 Agustus 2023 pukul 17:40 waktu setempat.


Presiden FIM Asia & Dewan Direksi, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Two Wheels Motor Racing dan keluarga FIM Asia Road Racing, menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, teman, dan orang-orang yang mengenal Haruki Noguchi”

Kecelakaan yang dialami Noguchi membuat race kedua balapan kelas Asia Superbike 1000 (ASB 1000) dibatalkan.

Noguchi merupakan salah satu pembalap papan atas di kelas ASB 1000. Setelah menjuarai seri Thailand di Chang International Circuit, Noguchi kerap mengisi posisi empat besar pada balapan-balapan ARRC selanjutnya.

Pada klasemen pembalap, Noguchi menempati peringkat kedua dengan 105 poin membuntuti Markus Reiterberger yang menempati posisi teratas. (red/lm)