Lensamandalka.com – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 7,4 terjadi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG, Selasa (29/8/2023).

Gempa terjadi pada pukul 02.55 WIB. Gempa ada pada titik koordinat 4,38 lintang selatan dan 116,90 bujur timur pada kedalaman 10 kilometer.

“180 km tenggara Tanah Bumbu-Kalsel,” tulis BMKG.

Gempa tersebut bukanlah yang satu-satunya dirasakan. Meskipun berjarak empat ratus kilometer lebih, getaran gempa cukup besar terasa di Lombok.

Bersasarkan informasi yang dihimpun melalui aplikasi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tercatat tiga kali gempa besar terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Gempa pertama pada Selasa (29/8/2023) Pukul 02.55.29 WIB dengan kekuatan 6,5 SR tercatat telah terjadi dengan pusat gempa di Laut Bali pada kedalaman 571 Km.

Gempa selanjutnya di Laut Bali dengan waktu yang hanya berbeda 3 detik daripada gempa sebelumnya, tercatat berkekuatan 7,1 SR namun dengan kedalaman 525 KM.

Puncaknya adalah gempa yang berpusat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Meski tergolong gempa besar dengan kekuatan 7,4 SR, BMKG memberikan peringatan bahwa gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Namun begitu, BMKG tetap mengimbau kepada masyarakat agar bersiaga teehadap potensi gempa susulan yang akan terjadi. Hingga berita ini dimuat, belum diketahui pasti kerusakan hingga korban jiwa yang diakibatkan gempa tersebut. (Red/LM).