lensamandalika.com – Penetapan figur Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memasuki babak akhir. Tim Penilai Akhir (TPA) sudah melakukan sidang yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (31/8/23).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi sudah memutuskan 10 nama yang menjadi Pj Gubernur di berbagai provinsi yang jabatan gubernur-wakil gubernurnya memasuki purna tugas September ini.

Salah satunya yang beritakan muncul yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Lalu Gita Ariadi. Berdasarkan informasi yang didapatkan, Presiden Jokowi sudah memutuskan untuk menunjuk Lalu Gita Ariadi menjadi Pj Gubernur NTB.

Sebagai informasi tambahan, nama Lalu Gita memang menjadi satu dari tiga nama yang diusulkan DPRD NTB ke Kemendagri. Dua nama lain, diantaranya Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI, Lalu Niqman Zahir dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali.

“Benar, rapat TPA sudah dilakukan,” kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, Jumat (1/9/23).

Ali tidak menyangkal jika 10 nama calon Pj Gubernur yang sudah tersebar itu, salah satunya yaitu Lalu Gita Ariadi.

Dia menjelaskan bahwa Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo tentang usulan nama-nama Pj Gubernur 10 provinsi tersebut.

“Kemudian pukul 15.00 WIB, Pak Presiden memimpin langsung sidang TPA untuk penentuan Calon Penjabat Gubernur,” ucapnya.

Selanjutnya setelah resmi penunjukan nama Pj, maka akan dilakukan pelantikan oleh Kemendagri dan akan dilanjutkan dengan serah terima jabatan di provinsi masing-masing.

“Jadi, setelah penunjukan nama, maka dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Gubernur ke Pj Gubenur,” tutupnya. (red/Respa)