LensaMandalika – Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram melakukan pelatihan pengelolan bisnis dan manajemen Kewirausahaan untuk industri kecil guna mendorong profesionalitas dan peningkatan kemampuan bisnis.

Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Grand Legi Kota Mataram itu dilaksanakan mulai 11 sampai 15 September 2023 yang menghadirkan pelaku industri dari berbagai latar belakang usaha.

Kegiatan pelatihan berlangsung interaktif karena materi yang disampaikan narasumber sangat sesuai dengan kebutuhan pelaku industri kecil mulai dari penyusunan laporan keuangan sederhana, pemasaran produk secara digital maupun inovasi dalam melakukan bisnis.

Hal tersebut diakui oleh Khaerul Hamdy selaku Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram yang menyebutkan bahwa pelatihan untuk pelaku industri kecil ini merupakan upaya untuk merubah mindset bisnis dari era konvensional menuju digitalisasi.

“Pelaku industri dihadapkan pada digitalisasi sehingga pelatihan ini untuk merubah mindset bisnis dari konvensional menjadi berbasis digital dan bisa diaplikasikan oleh para pelaku IKM” Ungkapnya, Selasa (12/09/2023)

Ia berharap pasca pelatihan ini para peserta bisa mengembangkan usaha IKM yang digeluti agar lebih maju dan tetap bersinergi dengan Pemerintah kedepannya.

Pada kesempatan yang sama Yudika Alfarizi selaku peserta kegiatan yang memiliki usaha konveksi mengaku pelatihan yang dilaksanakan sangat bermanfaat terutama dalam mengelola usaha yang dikembangkan saat ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat agar pelaku IKM menguasai cara menyusun laporan keuangan bisnis secara sederhana maupun inovasi-inovasi dalam melakukan pemasaran dan pengembangan produk yang kedepan bisa meningkatkan usaha” ungkapnya

Yudika juga mengungkapkan acara pelatihan ini untuk berjejaring dengan pelaku IKM lainnya dan akan menerapkan hasil pelatihan pada bisnis yang ia lakukan. (red/asn)