Nasional – Nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil muncul ke publik setelah namanya masuk bursa menjadi Calon Wakil Presiden RI pada PEMILU 2024 mendatang.

Aspirasi paling banyak muncul dari kalangan anak muda dari kalangan Gen Z kepada Kang Emil panggilan akrab Arsitek sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat itu.

Berdasarkan data statistik hasil sensus penduduk tahun 2020, jumlah penduduk usia muda mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia. Sedangkan generasi milenial sebanyak
69,38 juta jiwa atau mencapai 25,87 persen. Dengan mengacu data tersebut, dapat diartikansaat ini penduduk Indonesia rata-rata adalah generasi muda.

Hal tersebut oleh Presiden Energi Milenial Indonesia Raya (EMIR) Moh. Khanif Nasukha memandang anak muda dipandang mampu mengambil peran besar untuk menciptakan sebuah momentum politik menuju pesta demokrasi pemilihan umum
serentak tahun 2024.

Presiden Energi Milenial Indonesia Raya (EMIR) Moh. Khanif Nasukha beserta Dewan Pengurus Pusat (DPP) hingga Dewan Pengurus Daerah (DPD) menggelar deklarasi dukungan kepada Ridwan Kamil sebagai calon Wakil Presiden.

Deklarasi yang berlangsung di Jakarta, (14/09/2023) ini melibatkan DPD EMIR di 34 provinsi Indonesia.

“Ridwan Kamil adalah sosok yang dapat merepresentasikan anak muda. Selain itu, beliau juga konsisten mengawal isu energi dan energi terbarukan, isu lingkungan di tengah perubahan iklim yang terjadi, beliau mampu mengawal kebijakan pro lingkungan hidup yang merupakan prioritas isu bagi Indonesia ke depan,” ucap Khanif.

Ia juga menyebutkan Ridwan Kamil telah mengantongi banyak prestasi selama 5 tahun menjabat menjadi Gubernur Jawa Barat, sehingga, dipandang perlu untuk melanjutkan prestasi untuk Indonesia Juara.

“Dari rekam jejak tersebut, maka kami seluruh pengurus Energi Milenial Indonesia Raya dari tingkat pusat dan pengurus di 34P rovinsi menyatakan dukungan penuh kepada Bapak Ridwan Kamil untuk menjadi Calon Wakil Presiden di pemilu 2024. EMIR konsisten dan berkomitmenu ntuk turut memenangkannya,” lanjut Khanif.

Ridwan Kamil adalah sosok yang menggabungkan dengan sempurna semangat pemuda, pemikiran inovatif, dan pengalaman yang luas dalam dunia pemerintahan. Sebagai pemimpin di Jabar, dia telah membuktikan komitmennya terhadap kemajuan, inklusivitas, dan perubahan positif yang begitu dibutuhkan oleh bangsa ini.

Salah satu hal yang paling mencolok tentang Ridwan Kamil adalah dedikasinya yang tak tergoyahkan terhadap pemuda Indonesia. Dia telah menjadi inspirasi bagi banyak generasi muda dengan pendekatan yang inklusif dan progresifnya. Berbicara tentang pemuda, dia tidak hanya mendengarkan, tetapi juga bertindak.

Dukungan ini merupakan hasil dari diskusi panjang yang dilakukan oleh pengurus DPP EMIR.

Sebagaimana diketahui, EMIR adalah organisasi kepemudaan yang bergerak terhadap isu dibidang energi, terutama bisnis dan pendidikan dunia energi dengan berlandaskan kepemimpinan dan kepemudaan.

EMIR yang berdiri sejak 2021 ini telah memiliki kepengurusan tingkat pusat hingga tingkat daerah di 34 provinsi Indonesia.  (red/asn)