LensaMandalika – Salah satu Kampus Kebanggaan di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Universitas Qomarul Huda Badarudin Bagu (UNIQHBA) menjadi mitra dari Pusat Halal Universitas Airlangga (UNAIR) dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satunya dalam bentuk pelatihan pendamping Proses Produk Halal (PPH).

Pelatihan Pendamping Halal yang dilaksanakan di Auditorium UNIQHBA pada, Jum’at (22/9/2023) diikuti oleh ratusan peserta baik dari mahasiswa, alumni, dan pelaku UMK.

Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, para peserta pelatihan mampu menjadi pendamping UMK di Lombok Tengah guna melakukan edukasi peningkatan mutu produk dan mendapatkan sertifikat  gratis .

Wakil Bupati Lombok Tengah H.M.Nursiah, memberikan motivasi kepada para mahasiswa mampu membantu permasalahan UMK yang ada di Lombok Tengah.

“Dengan ilmu yang banyak dan lingkungan Pondok yang religius mahasiswa akan mampu menyelesaikan tantangan yang ada, terutama kaitannya dengan tantangan pariwisata kita. Dengan adanya pelatihan ini dan ilmu serta sertifikat yang didapatkan akan sangat bermanfaat bagi keluarga kita di Lombok Tengah sehingga mampu meningkatkan kualitas produk dengan sertifikat halal dan standart nasional yang ada”. Tegasnya.

HM. Nursiah juga berharap kepada mahasiswa lulusan UNIQHBA mampu berkontribusi dalam pembangunan Lombok Tengah.

“UNIQHBA sudah menjadi kampus kebanggaan Lombok Tengah dan yakin sarjana lulusan UNIQHBA merupakan sarjana yang handal untuk membangun Lombok Tengah kedepannya” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pusat Halal UNAIR, Dr. Apt. Abdul Rahem mengapresiasi kepedulian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah dalam bidang UMK.

“Alhamdulillah luar biasa, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini langsung dibuka oleh Wakil Bupati, jarang-jarang kegiatan serupa yang kita adakan dibuka langsung oleh Kepala Daerah, ini bukti real bahwa Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah sangat peduli dalam kemajuan dan perkembangan UMK di Lombok Tengah.” Jelasnya saat sambutan acara.

Masih kata Rahem, kegiatan pengabdian kepada masyarakat UNAIR tidak hanya sampai pelatihan pendamping PPH saja, tapi akan lanjut memberikan pendampingan terkait kemanan pangan, branding kemasan, serta fasilitasi penerbitan sertifikat halal secara gratis kepada UMK di Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di ballroom Kabupaten Lombok Tengah esok harinya (23/9/23)

“Sebagai daerah yang jumlah penduduk muslimnya besar tentu produk-produk makanan yang ada harus memiliki sertifikat halal. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi produk lokal NTB. Maka selanjutnya, besok kami akan melakukan pemantauan sekaligus layanan fasilitas sertifikasi halal gratis sebanyak 100 produk olahan UMK yang ada di Lombok Tengah. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan pendampingan keamanan pangan serta branding kemasan. tutupnya (red/asn)