Lensamandalika.com – Pembalap Ducati Lenovo Racing Team, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dipastikan menjadi juara MotoGP 2023. Perebutan juara dunia MotoGP berakhir meskipun balapan pamungkas di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Spanyol masih menyisakan 21 putaran.

Hal tersebut setelah Jorge Martin mengalami Crash pada lap ke 6. Perburuan gelar juara dunia otomatis terhenti lantaran Martin sudah tidak mungkin melanjutkan balapan.

“Pecco adalah juara dunia MotoGP 2023,” ungkap komentator siaran langsung MotoGP begitu Martin mengalami crash bersama Marc Marquez.

Pertarungan di sirkuit sebenarnya sangat panas antara Pembalap Pramac Ducati Jorge Martin dengan Pecco Bagnaia. Namun setelah Martin Crash, finish di urutan berapapun Pecco Bagnaia, dirinya tetap akan menjadi juara dunia MotoGP 2023.

“Martin keluar, Martin keluar,” begitu race director MotoGP Valencia di Circuit Ricardo Tormo mengumumkan bahwa Martin sudah jelas tidak bisa melanjutkan balapan.

Pada siaran langsung, Martin tampak dihibur oleh crew Pramac Ducati. Mereka harus merelakan bahwa balapan harus berakhir lebih awal lantaran crash yang dialami oleh pembalap Sapnyol itu.

Saat berita ini dimuat, balapan MotoGP Valencia masih menyisakan 17 laps lagi. Skenario terburuk bagi Pecco Bagnaia apabila dirinya tidak menyelesaikan balapan lantaran crash misalnya, dirinya tetap akan menjadi Juara Dunia lantaran mengantongi poin tertinggi.

Saat ini, balapan dipimpin oleh duo KTM, Brad Binder dan Jack Miller, sementara Pecco Bagnaia berada di posisi ketiga. (red/lm)