lensamandalika.com – Salah satu event internasional (Porsche Sprint Challenge Indonesia) akan kembali diselenggarakan dalam waktu dekat ini di Sirkuit Mandalika.

Sebagai bagian dari persiapan menyambut event yang akan digelar pada tanggal 8 – 10 Desember 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bekerja sama dengan Superstars Motor Sport dan Ikatan Motor Indonesia (IMI), untuk memastikan kesuksesan event tersebut.

Pada Jumat, (24/11/23), MGPA menyambut kedatangan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup pertama di Pertamina Mandalika International Circuit. Mobil Porsche 911 GT3 Cup yang diimpor oleh Superstars Motorsport ini mendapatkan kemudahan fasilitas Peraturan Pemerintah (PP) KEK, diantaranya pembebasan dan penangguhan berbagai Bea Masuk dan Pajak dalam rangka Importasi barang di kawasan The Mandalika yang dikembangkan dan dikelola oleh PT Pengembangan Pariwista Indonesia atau disebut Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan juga MGPA sebagai pengelola sirkuit.

Lewat siaran pers tertulis PT ITDC, Sabtu, (26/11/23) kemarin, Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka menyampaikan bahwa ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan The Mandalika, menyambut baik event Porsche Sprint Challenge Indonesia ini.

“Kami percaya kehadiran mobil sport bergengsi ini akan memperkuat branding The Mandalika sebagai destinasi sport tourism yang menarik. Selain itu, kami berharap event ini dapat menciptakan multiplier effect yang positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal, semakin memperkaya pengalaman dan dampak positif kawasan ini,” ungkapnya dikutip dari suaralomboknews.com.

“Dengan kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit, diharapkan dapat memberikan kesan baru dalam pengalaman balap yang tak terlupakan di Sirkuit ini, juga memikat hati para penggemar otomotif di seluruh Indonesia,” lanjut Priandhi.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menjelaskan bahwa kedatangan Porsche 911 GT3 Cup pertama dengan sejarah prestisiusnya dalam dunia balap, membawa sentuhan keistimewaan ke Pertamina Mandalika International Circuit.

“Akan ada sembilan unit Porsche 911 GT3 Cup lagi yang akan datang untuk menjajal sirkuit ini. Kami berterima kasih untuk para stakeholder yang telah membantu untuk menyukseskan event ini sehingga dapat memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit di Kawasan the Mandalika sebagai destinasi sport tourism, untuk balap internasional yang unggul,” terangnya

Seperti diketahui, Porsche 911 GT3 Cup, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990, dan sudah menjadi ikon dalam dunia balap. Memiliki lebar total 1.902 millimeter, mobil ini menonjol dengan body ringan berspesifikasi turbo lebar, sehingga memberikan tampilan yang mengesankan sekaligus berkontribusi pada kontrol dan kelincahan mobil balap.

Hal serupa juga disampaikan oleh CEO Superstars Motorsport, Bagoes Hermanto. Dia mengaku sangat senang menyambut mobil balap Porsche 911 GT3 Cup pertama di Indonesia.

“Momen ini telah lama kami tunggu-tunggu, dan kami sepenuhnya berkomitmen mendukung kesuksesan Porsche One Make Series. Kami siap mendukung para peserta yang akan memulai putaran pertama dalam dua minggu mendatang,” ungkapnya.

Fitur paling menonjol dari Porsche 911 GT3 Cup yaitu aerodinamis-nya yang dioptimalkan, dengan peningkatan downforce yang signifikan. Mesinnya pun tetap setia pada prinsip normally aspirated, dengan mesin flat six empat liter yang menghasilkan daya sebesar 510 kuda. Sehingga keunggulan teknis ini memberikan daya tahan luar biasa, dengan hanya memerlukan pemeriksaan perawatan setelah 100 jam waktu balapan. (red/Respa)