Lensamandalika.com – Destinasi Wisata Sembalun di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu aikon pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 2016 lalu, Sembalun dinobatkan sebagai Destinasi Bulan Madu halal terbaik dunia.

Selain memetik buah strobery secara langsung, berkunjung ke Sembalun rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi cilok yang dijajakan para penjual di pusuk Sembalun.

Menyantap Cilok ketika masih panas rasanya sangat pas dengan cuaca dingin yang ada di Sembalun. Selain rasa hangat, menyantap cilok ketika baru tiba di Pusuk Sembalun juga bisa mengganjal perut yang mulai keroncongan setelah melewati jalanan panjang yang berliku dan dipenuhi tanjakan.

Keberadaan para pedagang cilok di area pusuk sembalun sudah tidak dapat terpisahkan. Pantauan media ini, para pedagang cilok di Pusuk Sembalun selalu ramai dikerubungi pengunjung.

Untuk Sahabat Lensa Mandalika yang akan berkunjung ke Sembalun pada Rabu (10/7/2024) besok, ada yang spesial dari para pedagang cilok di Pusuk Sembalun.

Sebanyak 13 pedagang yang tergabung dalam kelompok Cilok Pariwisata Sembalun akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-10. Para pedagang tersebut akan memberikan cilok dagangan mereka secara gratis kepada para pengunjung.

Hal tersebut dibenarkan oleh Mamiq Paris, salah satu pedagang cilok di Pusuk Sembalun. Dikatakannya, masing-masing pedagang akan memberikan cilok gratis dengan total harga Rp 1 Juta Rupiah.

“Ada 13 pedagang cilok, berarti besok tanggal 10 akan ada cilok gratis senilai 13 juta rupiah di Pusuk Sembalun,” bebernya ketika media ini berkunjung ke Sembalun pada Kamis (4/7/2024) kemarin.

Dijelaskannya, para pengunjung bisa menyantap cilok dari ketigabelas pedagang itu secara gratis, sepuasnya. Hal tersebut kata pedagang cilok asal Desa Bebidas itu sebagai bentuk rasa syukur atas rizki dari berjualan cilok di Pusuk Sembalun.

“Kami berjualan di sini setiap hari, sebagai bentuk rasa syukur, kami berinisiatif memberikan para pengunjung secara gratis,” ujarnya.

Makan cilok gratis dalam rangkan ulang tahun Cilok Sembalun itu kata Mamiq Paris akan dilaksanakan besok (10/7/2024) dari pukul 11.00 hingga 16.00 Wita.

“Bebas makan di lokasi (Pusuk Sembalun), tidak boleh dibungkus biar semua pengunjung kebagian sampai sorenya,” tegasnya.

Pedagang lainnya, Denis dari Desa Suela, Kecamatan Suela, Kecamatan Lombok Timur juga akan ikut berpartispasu pada hari jadi cilok Sembalun dengan membawa cilok seharga satu juta rupiah.

“Hitungannya sedekah dalam waktu sehari setelah satu tahun berjualan di taman wisata pusuk sembalun.,” ujarnya.

Dirinya mengaku tidak takut rugi walaupun membagikan dagangannya secara gratis. Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas diberikannya rezeki berupa kesehatan dan kelancaran dalam berusaha.

“Pengunjung dan pengguna jalan bebas makan cilok secara gratis besok. Dari ujung ke ujung pokoknya makan sudah, sampai habis, gratis,” pungkasnya. (red/lm)