Lensamandalika.com – Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Bypass BIL-Mandalika kembali gelap gulita paska satu hari digelarnya MotoGP Mandalika pada tanggal 27-29 September kemarin.

Pemandangan kurang mengenakkan itu diunggah pengguna jalan Bypass BIL-Mandalika ke media sosial facebook, Senin (30/9/2024) malam.

Pemilik akun Aldi S mengunggah sebuah video berdurasi 26 detik dan dua buah foto yang menunjukkan keadaan jalan bypass BIL-Mandalika yang gelap gulita.

Melalui video tersebut, Aldi mengungkapkan bahwa keadaan PJU Bypass BIL-Mandalika memang sudah lumrah seperti itu. Menurutnya, keadaan gelap gulita merupakan pertanda PJU Bypass BIL-Mandalika kembali normal.

“Alhamdulillahirabbil ‘alamin, akhirnya lampu PJU Bypass BIL-Mandalika sudah kembali gelap. Kenapa saya bilang alhamdulillah, karena yang normal memang seperti ini,” ungkapnya sambil mengendarai sepeda motor.

Keadaan PJU Bypass BIL-Mandalika yang terang benderang sejak beberapa hari sebelum hingga saat tiga hari pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika adalah dibuat-buat.

“Yang normal, lampu PJU di Bypass Bizam-Mandalika itu memang gelap seperti ini. jadi alhmadulillah sudah dikembalikan ke kodratnya ya,” tegasnya.

Mengonfirmasi Aldi S via sambungan telepon, dirinya mengatakan baru kembali dari Kuta untuk suatu urusan. Dirinya sengaja pulang lewat Bypass Mandalika karena memang rumahnya lebih dekat ketika melewati jalan tersebut.

Dikatakan Aldi, keadaan seperti yang Ia temui malam ini masih lebih baik ketimbang kondisi kemarin, ketika semua lampu PJU mati.

“Kalau malam ini ada beberapa yang masih nyala, tapi lebih banyak yang mati. Dari bundaran Songgong-Segala Anyar hingga bundaran BIL, hanya beberapa saja yang menyala,” terangnya.

Dirinya sangat menyayangkan perlakuan tersebut kembali terjadi terhadap PJU Bypass BIL-Mandalika. Jika kondisi sudah seperti sekarang, dirinya khawatir kabel-kabel PJU tersebut akan kembali hilang dan sepanjang tahun Bypass BIL-Mandalika akan gelap gulita.

“Kalau sudah begini, dianggap memberikan kesempatan agar perlakuan yang sama (pencurian kabel) kembali terjadi. Pengguna jalan juga pasti merasa kurang nyaman dan kurang aman dengan hal ini,” pungkasnya. (red/lm)