Lensamandalika.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah bekerja sama dengan Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) Pengurus Kabupaten Lombok Tengah akan menggelar event akbar Mandalika Shorinji Kempo Championship. Kejuaraan nasional antar dojo ini akan berlangsung pada 8-11 Oktober 2024 di GOR Tastura, Lombok Tengah.

Event ini menjadi sorotan karena merupakan yang pertama diadakan di wilayah Lombok Tengah dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Event ini adalah event akbar pertama yang diselenggarakan di Lombok Tengah dan NTB, jadi kami sangat berharap dukungan positif dari masyarakat dan pemerintah daerah,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Akbar Maulana, saat konferensi pers beberapa waktu lalu di Sekretariat PERKEMI NTB, Mataram.

Menurut Akbar, ajang ini juga sejalan dengan program pengembangan sport tourism di wilayah Lombok Tengah. Dirinya berharap event ini dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan potensi pariwisata olahraga di NTB, khususnya Lombok Tengah.

Kejuaraan ini juga didukung oleh PERKEMI NTB, yang saat ini dipimpin oleh anggota DPRD Provinsi NTB, H. Asaat Abdullah.

Wakil Ketua Umum I PERKEMI NTB, I Ketut Sudira menegaskan pentingnya ajang ini dalam meningkatkan prestasi para kenshi muda.

“PERKEMI NTB menyambut dan mendukung semangat para kenshi muda untuk berprestasi, dengan menjalankan fungsi supervisi dan monitoring bersama panitia dan Pengkab Lombok Tengah,” ujar Sudira yang juga merupakan Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi NTB itu.

PERKEMI NTB sebelumnya juga mencatat prestasi gemilang di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan meraih 4 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Prestasi ini diraih berkat kerja keras tim pelatih, dukungan KONI NTB, serta para atlet dan kenshi senior.

Sekretaris PERKEMI NTB, Roli Apriyansyah juga menyatakan harapan besar terhadap ajang ini. Selain sebagai wadah pencarian bakat muda untuk persiapan PON XXII NTB-NTT 2028, ajang ini diharapakannya memberi kesempatan bagi calon atlet dan mereka yang belum lolos PON untuk merasakan atmosfer turnamen nasional.

“Kejuaraan ini diharapkan menjadi ajang penting untuk memperkuat prestasi dan regenerasi atlet Shorinji Kempo di NTB serta mempersiapkan talenta-talenta muda untuk event nasional dan internasional mendatang,” pungkasnya. (red/lm)