Daerah- Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram mengadakan agenda sosialisasi pelatihan pembuatan pupuk organik dan fermentasi pakan ternak di Desa Lepak Timur, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur pada hari Rabu, 20/07/2022 bertempat di Dusun Loang Sawak, Desa Lepak Timur.

Agenda sosialisasi tersebut merupakan serangkaian agenda KKN Tematik Universitas Mataram dengan tema Desa Tertinggal dan merupakan program kerja yang berangkat dari potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah di Desa Lepak Timur.

Agenda tersebut terlihat antusias di ikuti oleh semua kalangan masyarakat mulai dari pemuda, karang taruna serta tidak ketinggalan yang menekuni bidang peternakan yang merupakan salah satu sumber mata pencaharian utama masyarakat Desa Lepak Timur.

Agenda Pelatihan pembuatan pupuk organik tersebut dikarenakan melimpahnya Kotoran ternak  ayam, kambing dan sapi akibat dari keberadaan peternakan masyarakat adapun pelatihan pengawetan pakan di dasari dengan melimpahnya jerami dan rumput gajah namun keberlimpahan tersebut tidak di dorong dengan kreativitas masyarakat desa yang mampu mengawetkan pakan ternak untuk kebutuhan pada musim kemarau.

H.Subhan selaku Kepala Desa Lepak Timur menyampaikan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap pengolahan pupuk organik dan pengawetan pakan ternak terjawab atas program kerja KKN Tematik Universitas Mataram karena sejauh ini kreativitas masyarakat untuk melakukan hal tersebut sangat minim.

“Keberadaan peternak membuat bahan pembuatan pupuk organik seperti kotoran ayam, kambing dan sapi melimpah di desa ini, adapun rumput gajah dan jerami juga sangat melimpah, pengolahan pupuk organik dan pengawetan pakan ternak ini  menjawab tantangan atas kebutuhan masyarakat yang minim mengolah SDA tersebut” tukas H.Subhan kepada wartawan.

Disaat yang sama Ketua Kelompok KKN Tematik Unram desa Lepak Timur juga menyampaikan bahwa program kerja KKN Tematik Unram mencoba memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat dengan cara memanfaatkan sumber daya yang sudah tersedia tersebut menjadi sesuatu yang bisa di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

“KKN tematik Unram berupaya untuk memecahkan permasalahan yang ada di desa Lepak Timur agar kedepannya bisa bermanfaat” pungkasnya

Sebagai penutup H.Subhan selaku Kepala Desa menyampaikan terimakasih atas program KKN Unram dan berharap agar nantinya output dari pelatihan ini bisa di laksanakan dengan berkelanjutan oleh Masyarakat.

“Pelatihan yang dilaksanakan oleh kelompok KKN ini mudahan bisa di praktikan secara mandiri oleh Masyarakat” tutup H.Subhan. (red/asn)