Lensamandalika.com – Grup musik asal Jogjakarta, Sheila On 7 akan menggelar konser di Lombok, malam ini, Rabu (4/1/2023). Konser tersebut adalah rangkaian dari Ajang Kreativitas Siswa dalam Seni SMA Negeri 2 Mataram atau tenar disebut Aksi SMANDA.

Personel grup Sheila On 7 yakni Duta, Erros, dan Adam diketahui telah berada di Lombok sejak dua hari yang lalu. Melalui video yang dibagikan di laman facebook Hai Lotim, Duta cs tampak tengah berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Lombok Timur yaitu Gili Kondo pada Selasa (3/1/2023) kemarin.

Pada video tersebut, Duta tampak tengah mengobrol menggunakan bahasa Sasak bersama seorang Ibu-ibu warga setempat. Ibu-ibu itu diketahui merupakan seorang pedagang di Gili Kondo. Meski dengan bahasa Sasak yang terbatas, Duta tampak ramah berbincang dengan ibu-ibu itu.

Sai (Bahasa Sasak, artinya Siapa, red),” kata Duta menimpali Ibu itu yang tampak tengah membicarakan seseorang yang juga pernah berkunjung ke Gili Kondo.

To no so ito, kan wah iye Kete (Bahasa Sasak, artinya: Disana sih dia, kan sudah dia kesini, red),” timpal Ibu itu.

Piran (Bahasa Sasak, artinya: kapan, red),” ungkap Duta lagi

Laeq uwah, Labuan Lombok lekanne (Bahasa Sasak, artinya: Sudah lama, dia dari Labuan Lombok, red),” timbal Ibu itu kembali.

Duta tampak ingin kembali melanjutkan obrolan, namun tampaknya sedang mengingat-ingat kembali kosa-kata bahasa Sasak yang akan diucapkannya. Gitaris Sheila on 7, Erros yang berada disampingnya hanya terkekeh, tertawa. Kemungkinan karena tidak mengerti obrolan antara Duta dengan Ibu itu.

Dari berbagai komentar pada postingan tersebut, Duta diketahui punya darah Lombok. Lensa Mandalika kemudian menghubungi Lalu Regan, salah seorang Sheila Gank di Lombok. Sheila Gank merupakan sebutan untuk penggemar grup musik Sheila on 7.

“Ibunya Duta keturunan Lombok Timur, kemarin memang dia ke Lombok Timur. Mungkin jalan-jalan sekalian silaturrahmi bersama keluarganya,” kata Lalu Regan.

Sementara itu, mengutip komentar akun Bajang Sport pada unggahan Hai Lotim, Duta memiliki darah Lombok dari kakek nya.

Dijelaskannya, keluarga besar Duta berasal dari Desa Tanjung Teros, Kecamatan Labuan Haji, Kabupaten Lombok Timur.

“Bagian Pedalaman (Sebutan untuk rumah Bangsawan di Lombok). Sebelah Perempatan masjid Asyifa Tanjung Teros. Terdapat rumah bangunan besar dan temboknya juga agak besar. Disitu Keluarga besarnya tinggal. Disana banyak Jawa keturunan yang nikah sama orang Lombok,” ungkapnya.

“Silaq amun side mele boyak, masih luek keluarga nya di Tanjung Teros (Bahasa Sasak, artinya: Ayo kalau mau dicari, masih banyak keluarganya di Tanjung Teros, red),” pungkasnya. (red/lm)

Keterangan foto: Personil Grup Sheila On 7 berfoto bersama warga lokal di Gili Kondo, Lombok Timur (Foto: dok.ist)