Lensamandalika.com – Sempat tidak diperhitungkan, cabang olahraga (Cabor) Bridge kontingen Lombok Tengah berhasil menyumbangkan 5 medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) XI Tahun 2023.

“5 Medali tersebut diantaranya 2 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu,” kata Ketua Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Lalu Mukmin Jahar.

Dirinya mengapresiasi dan menaruh kebanggan kepada seluruh atlet Bridge yang telah membawa pulang medali untuk bumi Tatas Tuhu Trasna (Tastura).

Dijelaskannya, cabang olahraga Bridge memang belum banyak dikenal. Dirinya berkomitmen untuk memperkenalkan olahraga Bridge ke jenjang sekolah menengah yang ada di Lombok Tengah untuk mencetak lebih banyak atlet dari cabor tersebut.

“Dalam sejarah porprov, baru kali ini dapat medali emas sejak dipertandingkan karena kurangnya peminat. ini adalah rekor cabor Bridge Loteng yang pertamakali menyabet medali emas di Porprov,” jelasnya.

Selain Bridge, dirinya mengaku melihat potensi untk mencetak atlet dari cabang olahraga lainnya seperti Tinju, Petanque, Triathlon, Catur, Bola Volley, Surfing dan lain-lain.

“Khususnya untuk anak-anak kita dari Kecamatan Pujut. Sebagai Ketua Harian Koni Loteng, saya akan terus melakukan pendataan untuk pembinaan dengan berkolaborasi bersama organisasi kepemudaan yang ada,” ungkapnya.

“Melalui olahraga mari kita harumkan nama daerah, kami berharap dengan ketertarikan pemuda kita untuk berprestasi dalam olahraga, bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang unfaedah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Bridge merupakan jenis olahraga permainan kartu remi yang menjembatani dan menggabungkan dua jenis permainan kartu. Adapun, kombinasinya terdiri atas permainan cangkulan dan truf dengan sejumlah kondisi peraturan yang dimodifikasi.

Permainan kartu ini dianggap mengasyikan dan dapat membunuh waktu. Menariknya lagi, bermain Bridge juga diketahui membutuhkan kejelian dan kemampuan untuk melihat peluang. Artinya, olahraga ini dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. (red/lm)