Lensamandalika.com – Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan, berburu pakaian baru untuk hari raya Idul Fitri telah menjadi tradisi. Selain itu, khusus untuk kaum adam, ‘berambut’ baru juga merupakan sebuah keharusan dalam menyambut lebaran.

Hal tersebut memberikan berkah tersendiri di ujung bulan suci Ramadhan, tempat-tempat cukur rambut baik dari yang paling tradisional hingga yang paling modern turut kebanjiran pelanggan selayaknya toko-toko pakaian.

Salah satu yang turut panen cuan adalah usaha cukur rambut Sule Barbershop di Desa Kawo, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Diungkapkan pemiliknya, peningkatan pelanggan mulai terasa sejak H-5 Idul Fitri.

“Alhamdulillah bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri menjadi berkah juga bagi kami para tukang cukur,” ungkap Zulkifli Zulkarnaen, pemilik usaha cukur rambut Sule Barbershop kepada Lensa Mandalika, Sabtu (21/4/2023).

Tak dipungkirinya, peningkatan pelanggan belakangan ini membuatnya harus bekerja lebih keras. Terlebih banyak pelanggannya yang datang di sore hari, sehingga dirinya harus puas beberapa hari belakangan menghabiskan waktu berbuka puasa dengan pelanggan.

Dikatakannya, semua usaha cukur rambut mendapat kenaikan pelanggan yang signifikan menjelang lebaran. Jika di hari-hari sebelumnya dirinya hanya mendapat dua puluh sampai tiga puluh orang, menjelang lebaran pelanggannya naik hingga mencapai seratus orang perhari.

“Alhamdulillah naikknya signifikan, dari sebelumnya di angka puluhan, kemarin mencapi seratus pelanggan. Hari ini kemungkinan lebih,” ungkapnya optimis.

“Seperti halnya toko-toko pakaian yang diserbu berbagai rupa pelanggan, kami juga turut merasakannya, alhamdulillah,” imbuhnya lagi.

Dikatakannya, bukan hanya dirinya yang menikmati lonjakan pelanggan menjelang lebaran, namun turut menjadi berkah untuk dua orang karyawan usaha cukur rambut Sule Barbershop.

“Alhamdulillah dari keahlian cukur rambut ini kami menghidupi keluarga. Berkat usaha ini, keluarga karyawan kami juga terhidupi, dan melalui usaha ini pula, urusan dapur kami terpenuhi,” pungkasnya penuh rasa syukur. (red/lm)