lensamandalika.com – Kabupaten Lombok Tengah berhasil menjadi yang terbaik dalam helatan Festival Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 2023 yang dipusatkan di Kabupaten Sumbawa.

Pada ajang tersebut Bupati Loteng mengapresiasi kerja keras dan perjuangan dari DPD LASQI Kabupaten Lombok Tengah yang berhasil menjadi juara.

“Allhamdulilah kita berhasil menjadi favorit juara pada ajang LASQI 2023,” kata Bupati Loteng, H Lalu Fathul Bahri di Praya, Jumat (4/8/23) malam.

Ia berharap agar apa yang diperoleh Jumat malam ini bisa dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

“Saya ucapkan selamat kepada kontingen Kabupaten Lombok Tengah yang berhasil menjadi juara. Pertahankan terus, bila perlu tingkatkan lagi” sambungnya.

Sementara itu, dari Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah juga mengapresiasi semangat para peserta dan masyarakat yang ikut berpartisifasi pada acara yang digelar oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia NTB.

“Saya turut mengapresiasi tim LASQI Kabupaten Lombok Tengah yang telah menjadi favorit juara mengalahkan tim kuat dari berbagai daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi NTB,” ucapnya.

Di waktu yang bersamaan Ketua DPW LASQI NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkie§imansyah juga mengatakan bahwa Festival Qasidah ini bisa menjadi sarana bagi masyarakat, untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang budaya daerah. Hal itu dikarenakan para kontingen berasal dari bermacam-macam daerah di NTB yang membawa budaya mereka masing-masing.

“Ini tentunya akan menjadi tambahan wawasan kita secara luas sebagai warga dan bangsa, dan Insya Allah pada akhirnya nanti akan memberikan kontribusi bagi kita semua dalam hal peningkatan SDM di NTB,” tandasnya.

Selain itu, kata dia, festival ini juga dipersembahkan sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh penggiat qasidah dan musik religi di NTB. Dengan harapan menjadikan jejaring sosial antar peserta dapat terbentuk bukan hanya untuk hari ini, namun juga seterusnya.

“Festival qasidah pada akhirnya menjadi ajang kita untuk menambah silaturahmi, menambah kerabat dan memberikan pengalaman serta pengetahuan. Selamat saya ucapkan kepada tim LASQI Kabupaten Lombok Tengah yang berhasil menjadi juara umum” tutup Niken Saptarini Zulkieflimansyah. (red/Respa)