lensamandalika.com – Prestasi luar biasa digoreskan pembalap Indonesia asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Arai Agaska Dibani Laksana pada Asia Road Racing Championship (ARRC).

Arai sukses meraih podium pertama pada final race ARRC kelas 150 CC, di Sirkuit Mandalika pada Minggu (13/8/23).

Arai sukses menjadi yang tercepat mengalahkan pembalap Malaysia, Nazirul Izzat MD Bahauddin yang berada di posisi kedua.

Adapun di posisi ketiga pembalap asal Indonesia Wahyu Aji Trilaksana berhasil mengalahkan pembalap Malaysia, MD Haziq MD Fairues yang berada di posisi keempat.

Persaingan sengit diperlihatkan oleh Arai karena saling salip menyalip dengan lawannya, Nazirul Izzat sampai akhirnya berhasil finish pada posisi pertama di lap terakhir.

Perjuangan Arai cukup dramatis untuk bisa mengumandangkan Indonesia Raya di Sirkuit Mandalika mengingat catatan waktu Arai dengan Nazirul Izzat tidak jauh beda.

Tetapi, Arai dengan penuh keyakinan akhirnya berhasil menjadi yang tercepat sesuai dengan yang sudah dia ditargetkan pada malam hari sebelum final race berlangsung.

Berdasarkan pantauan, saat Arai tiba di area Podium, dia tampak sangat dielu-elukan oleh masyarakat NTB yang hadir men-suport Arai.

Tampak kebahagiaan yang tidak dapat dihindarkan dari mata Arai yang begitu bangga dapat mengibarkan bendera merah putih, terlebih di daerah sendiri.

Arai mengaku sangat berterima kasih kepada H Putra yang sudah memberikan tiket Wildcard sehingga bisa tampil di ARRC Mandalika 2023.

Dia juga mengaku sudah siapkan mental dan bersemangat menghadapi final race ARRC Mandalika 2023 ini.

Dia juga telah menyiapkan set up motor terbaik kemarin malam untuk mendapatkan performa mesin yang kencang pada race pamungkas nantinya.

Arai mengaku tidak akan mampu berjuang sendiri dalam balapan yang disebut-sebut sebagai MotoGP Asia ini.

Oleh karenanya, dia telah mendapat dukungan penuh dan doa masyarakat Lombok NTB agar mendapatkan hasil terbaik di kelas 150cc yang cukup ketat ini sampai akhirnya berhasil Podium pertama.

“Saya telah minta doa dan dukungan masyarakat Lombok sehingga diberikan hasil yang terbaik mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan Indonesia raya di Sirkuit Mandalika,” tutur Arai.

Di waktu yang bersamaan, Gubernur NTB melalui akun Facebook (FB) pribadinya juga sangat mengapresiasi dan memberikan ucapan selamat atas keberhasilan Arai ini.

“Alhamdulillah… Arai Agaska, Siswa SMA 6 Mataram hari ini, di Sirkuit International Mandalika berhasil menjuarai Asia Road Race Championship!” tulisnya.

“Anak NTB yang mengharumkan nama bangsa dan negara. Membuat Indonesia Raya di kumandangkan! Anak-anak muda NTB memang luar biasa! Kita tak hanya memiliki sirkuit Internasional tapi talenta-talenta hebat banyak kita miliki di NTB ini! Selamat Arai!” lanjutnya.

Sebagai informasi untuk Sahabat Lensa Mandalika, track record Arai di dunia, sebagai berikut:

Arai memulai debut otomotifnya melalui balapan Motocross hingga akhirnya memutuskan masuk ke road race pada saat kelas 6 SD hingga saat ini. Kemudian siswa SMA 6 Mataram ini sukses cetak prestasi bersejarah sebagai pembalap pertama meraih podium juara kelas Underbone (UB).

Kemenangan tersebut direngkuh di putaran kedua Pertamina Enduro Mandalika Racing Series di Pertamina Mandalika International Circuit di kelas Ub150 Under 20 Years.

Di tempat lain, pada Kejurda Sunday Race 2018, Arai menjadi juara pertama di kelas bebek standar 150cc under 12th. Dari sinilah Arai mulai merangsak masuk ke team balap motor Yamaha Semoga Abadi Racing Team yang bermarkas di Tulung Agung.

Bersama Timnya, Arai juga meraih podium kedua pada ajang Yamaha Cup Race 2019 di kelas bebek 150cc ECU standar under 12th.

Sejak musim balap 2019, tepatnya saat tarung di ECU STD, Arai sudah bersama tim DR Jack Zyrof47 dan berlanjut sampai 2022. Arai mampu membuktikan kemampuannya hingga jadi jawara pada ronde penutup Oneprix di Tasikmalaya. Arai juga merupakan juara umum bLU cRU Idemitsu Junior Pro 2022. (red/Respa)