Mataram – Malam ini, Sabtu (16/5/2020) Sekretaris Daerah Provinsi NTB H Lalu Gita Ariadi yang juga Ketuga pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di NTB telah mengupdate data terbaru kasus corona dengan penambahan positif sebanyak 7 orang, 3 orang asal Kabupaten Lombok Barat, dan 4 orang lainnya dari Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Dua dari empat tambahan kasus positif corona asal KLU diduga tertular dari transmisi lokal. Hal tersebut lantaran dalam keterangan resmi yang disampaikan oleh Sekda H Lalu Gita malam ini (16/5/2020), dua pasien itu tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit, atau melakukan kontak dengan pasien positif lainnya.

“Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 tidak pernah. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Tanjung dengan kondisi baik,” jelas H Lalu Gita.

Dua orang pasien tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pasien nomor 363, an. An. IR, perempuan, usia 9 tahun 5 bulan, penduduk Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.
  2. Pasien nomor 365, an. Tn. S, laki-laki, usia 61 tahun, penduduk Desa Akar-Akar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Sementara dua pasien lainnya tertular dari kerabatnya yang telah lebih dulu terkonfirmasi positif corona yakni sebagai berikut:

  1. Pasien nomor 362, an. Ny. IS, perempuan, usia 55 tahun, penduduk Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 211. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Tanjung dengan kondisi baik;
  2. Pasien nomor 364, an. Ny. S, perempuan, usia 27, penduduk Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 214. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Tanjung dengan kondisi baik;

Selain adanya penambahan kasus positif, H Lalu Gita juga menjelaskan adanya satu orang pasien sembuh tambahan dari KLU yakni pasien nomor 42, an. Tn. A, laki-laki, usia 55 tahun, penduduk Desa Nipah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Hingga hari ini (16/5/2020) berdasarkan data yang dihimpun dari website resmi Gugus Tugas Covid-19 NTB, total positif corona asal KLU yakni sebanyak 21 orang dengan rincian 13 orang telah dinyatakan sembuh dan 8 orang masih mendapatkan perawatan.

Sementara, total kasus positif di NTB sebanyak 365 orang, dengan perincian 219 orang sudah sembuh, 7 (tujuh) meninggal dunia, serta 139 orang masih positif dan dalam keadaan baik. (red/_dwr)