Lensamandalika.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di Kabupaten Bima, Minggu (13/6).

Ada yang berbeda dari kunjungan Sandi Uno kali ini, dia dampingi oleh youtuber dan content creator Atta Halilintar beserta istrinya, Aurel Hermansyah. Keikutsertaan pasangan pengantin baru itu dalam kunker Menparekraf ke Bima tak lain untuk membantu Menparekraf mempromosikan destinasi wisata dan hasil kerajinan UMKM di Kota dan Kabupaten Bima.

Rombongan Menparekraf mendarat di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima siang tadi dan langsung mengunjungi arena pacuan kuda di Panda, setelah itu melanjutkan kunjungan ke destinasi wisata budaya Uma Lengge Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima.

“Kedatangan Menparekraf bersama Atta Halilintar itu sudah tepat dari sisi marketing tourism. Harapannya, si Atta youtuber yang punya 27,6 juta subscriber atau setara empat kali jumlah penduduk Singapore itu bakal jadikan perjalanan menuju desa wisata Uma Lengge sebagai salah satu konten dalam videonya,” ungkap Fajrin Hardinandar, Wakil Ketua Lembaga Barisan Muda Wirausaha Indonesia (LBMWI) DPW NTB.

Menurut Fajrin, dengan mengajak Atta Halilintar pada Kunker ke Bima menunjukkan keluwesan birokrasi di Kemparekraf. Dunia ‘viralisasi’ itu, menurut Fajrin memang sudah dimonopoli oleh kaum muda yang memiliki kreatifitas tinggi di dunia maya. Maka, lanjutnya, tugas pemerintah adalah memanfaatkaan potensi itu dan segera mengelolanya menjadi peluang.

“Industri kreatif ini hilir dari semua project pembangunan yang sifatnya makro, ada anak muda kreatif, followers banyak, channel youtubenya punya ratusan ribu hingga jutaan viewers, mereka harus dijadikan mitra untuk promosi produk pariwisata kita,” jelas Dosen Ilmu Ekonomi di STKIP Bima itu.

“Segmennya jelas, seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia, hanya dengan memanfaatkan konten dalam akun akun jutaan followers mereka,” imbuhnya.

Dikutip dari laman instagram pribadinya, kunjungan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno ke bima dalam rangka menghadiri acara anugerah desa wisata 2021.

“Karena di Bima itu ada Desa Wisata yang keren juga dan akan kita jadikan ikon pengembangan pariwisata Indonesia ke depan,” ungkap Sandi Uno.

Sementara itu, Atta Halilintar melalui laman instagram pribadinya dengan pengikut sejumlah 19,4 juta turut membagikan moment perjalanannya ke Bima. Atta membagikan instastory perjalanannya ke Bima sejak masih di dalam pesawat hingga mengunjungi desa wisata Uma Lengge.

“Keren banget ternyata disini, budaya Indonesia itu keren, Bima itu keren,” kata Atta melalui insta storynya. (red/LM_dwr)