Lensamandalika.com – Anggaran sebesar Rp 18 Miliar untuk pengadaan motor operasional para Kepala Dusun (Kadus) akan digelontorkan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah di tahun 2022-2023.

Hal tersebut berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, M Jalaludin, Kamis (12/8) yang lalu.

Dirinya membenarkan adanya anggaran sebesar Rp 18 miliar untuk pengadaan sepeda motor sebagai inventaris Kepala Dusun agar dapat semakin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Pemerintah Daerah telah titipkan anggarkan untuk biaya pengadaan sepeda motor itu sebesar 18 Miliar,” ujar Jalal

Terkait tipe sepeda motor yang nantinya diperuntukkan untuk para Kadus, Jalal belum mengetahui pasti, mengingat sejauh ini belum dibicarakan merk dan jenisnya. Dia menengaskan, yang pasti bukan jenis Yamaha NMax seperti isu beberapa waktu lalu, mengingat kondisi keuangan daerah saat ini.

“Intinya Pemda Loteng telah anggarkan untuk pembelian sepeda motor bagi kepala dusun, namun terkait jenisnya belum kita ketahui, tapi ingat bukan NMax ya,” kata Jalal

Menurut Jalal, pengadaan sepeda motor tersebut akan dilakukan dalam dua tahapan. Hal tersebut lantaran anggaran sebesar Rp 18 miliar itu tidak bisa memenuhi keseluruhan kepala dusun yang ada di Loteng.

“Sebanyak 1.792 orang tersebar di 127 Desa di 12 Kecamatan. Jadi, tidak mungkin akan terpenuhi sepenuhnya dengan anggaran sebesar itu, sehingga akan kita anggarkan menjadi dua tahapan yakni pada anggaran APBD murni tahun 2022 dan tahun 2023,” tutupnya. (red/lm)