Lensamandalika.com – Seorang pemuda asal Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (KLU), Lalu Nursaid (36) menjadi pendaki Lombok pertama sampai di gunung tertinggi di dunia yakni Everest.

Meski baru mencapai 6160 meter diatas permukaan laut (MDPL) dari total ketinggian mencapai 8848 MDPL, pria yang diketahui lebih dari puluhan kali menaklukkan Gunung Rinjani itu membawa nama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPC Lombok Utara untuk sampai di puncak dengan membutuhkan waktu sekitar 25 hari.


“Salah satu anggota kita BPC HIPMI Lombok Utara saat ini sedang melakukan pendakian di gunung tertinggi dunia Everest. Putra asli Lombok Utara asal Desa Wisata Senaru Bayan. Beliau akan menaklukkan gunung Everest membawa nama HIPMI Lombok Utara,” ungkap Ketua BPC HIMPI Lombok Utara, Rama Kuswandaru, Kamis (11/11) mengutip Radar Mandalika.

Menurutnya, Lalu Nursaid adalah pendaki pertama asal Lombok khususnya Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang akan menaklukkan gunung tertinggi di dunia itu. Patut diapresiasi juga karena bisa membawa nama Lombok Utara secara umum dan HIPMI secara khusus.

“Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, tidak banyak yang bisa menaklukkannya,” ujarnya.

Lalu Nursaid, mengutip Radar Mandalika mengatakan bahwa menaklukkan Everest adalah hal yang tidak mudah, selain membutuhkan fisik yang sehat, juga kesiapan mental. Karena selain bersalju, cuaca dinginnya mencapai minus 10 derajat.

“Saya bersama dua kawan dari Jambi dan Sumatera bisa sampai di ketinggian 6160 meter dari permukaan laut dan menjadwalkan selama 25 hari untuk sampai ke puncak tertinggi setelah melewati beberapa etape ketinggian seperti Gogyo-RI dengan ketinggian 5357 meter dari permukaan laut, kemudian Everest Bc dengan ketinggian 5354 meter dari permukaan laut. Selanjutnya Chika Pass dengan tinggi 5420 meter dari permukaan laut dan Kalafathar dengan ketinggian 5644 meter dari permukaan laut. Terakhir Island Peak dengan ketinggian 6160 meter dari permukaan laut,” tuturnya.

Sebelum ia bersama dua rekannya melakukan pendakian ke Everest, 5 gunung di Indonesia sudah berhasil ia taklukkan. Termasuk Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3726 meter dari permukaan laut.

“Berangkat melewati Lukla menuju Namche dan naik puncak Gokyo-ri terus lanjut muncak ke Chola Pass dan lanjut terus muncak lagi ke gunung Everest Bascam dan naik puncak Kalappathar,” kisahnya

Mengutip Wikipedia, Gunung Everest  adalah gunung tertinggi di dunia. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet, puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha yang berarti Kepala Langit dan dalam bahasa Tibet disebut Chomolangma atau Qomolangma yang berarti Bunda Semesta.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waughsurveyor- eneral India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia. (red/lm)

.