MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) dan KPOTI (Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia) dari DPC Lombok Tengah melaksanakan kegiatan penyaluran donasi bantuan korban banjir Lombok berupa sembako dan beberapa peralatan yang diperlukan untuk membersihkan sisa-sisa banjir (23/12/2021). Donasi disalurkan di dua posko yang berada di Kecamatan Gunungsari – Lombok Barat. Dalam kegiatan tersebut rombongan langsung menuju lokasi terdampak untuk melihat secara langsung sisa-sisa banjir dan longsoran tanah yang menimbun beberapa rumah dan pekarangan warga.

Rombongan tim MASATA dan KPOTI Lombok Tengah menyalurkan donasi di Posko pertama yang dikunjungi berada di Dusun Kekait Daye Desa Kekait, Gunung Sari. Salah satu korban terdampak, Bapak Jaelani menceritakan terdapat 32 KK yang rumahnya diterjang banjir di Dusun Kekait Daye ini.

“Kondisi saat itu hujan lebat, dan kami sebenarnya tidak menyangka akan ada air dan longsoran tanah dari arah atas dusun kami karena warga sedang membantu evakuasi korban banjir di dekat jalan raya Pasar Kekait, lalu tiba-tiba air bah datang yang bahkan merobohkan rumah-rumah warga dan termasuk menimbun rumah saya” kenangnya haru.

Sementara itu, lokasi penyaluran donasi kedua berada di Dusun Bat Kokok Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari yang langsung diterima oleh Kepala Dusun setempat untuk selanjutnya didistribusikan kepada warga yang menjadi korban. Kepala Dusun Bat Kokok Saharudin menuturkan terdapat 124 KK yang terdapak banjir bandang akibat luapan sungai dan curah hujan tinggi di wilayahnya, tak ayal derasnya arus banjir mengakibatkan sebagian rumah warga roboh dan merendam areal persawahan warga yang baru saja ditanami padi, beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir di dusun ini.

Ketua Masata Lombok Tengah, Lalu Sandika Irwan yang turut hadir menyalurkan bantuan ini berharap kondisi pemukiman warga yang terdampak bisa segera pulih berkat dukungan semua pihak.

“Turut berdukacita dan semoga kondisi warga dan pemukiman terdampak segera membaik, karena ini dikeroyok ramai-ramai oleh pemerintah dan swasta, Insyaallah ya”, tuturnya

Lebih lanjut Sandika berpesan agar warga tetap menjaga kondisi lingkungan yang bersih utamanya drainase dan got-got jalan kampung jalur air mengalir saat musim hujan tiba.

“Semoga tidak ada musibah lagi ya, mari kita jaga lingkungan kita utamanya drainase dan got-got di sekeliling rumah kita, semoga sumbangan ini bermanfaat”, pesannya di hadapan warga.

Donasi yang terkumpul melalui MASATA dan KPOTI Lombok Tengah ini berasal dari berbagai pihak seperti Yayasan Kebon Sepatu, HMI, GPII dan dermawan lain. (red/LM)