Lensamandalika.com – Para kepala dusun (Kadus) di Lombok Tengah bakal segera mempunya kendaraan operasional. Namun begitu, pemerintah desa se- Lombok Tengah baru sekadar menerima jumlah pagu alokasi bantuan keuangan untuk pengadaan atau pembelian kendaraan tersebut untuk tahap pertama di tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah Zaenal Mustakim, Senin (10/1/2022) menerangkan, pengadaan kendaraan operasional Kadus akan direalisasikan setelah proses APBDes selesai.

Dikatakannya, Peraturan Bupati (Perbup) Lombok Tengah sudah rampung. Perbup tersebut secara umum mengatur soal spesifikasi kendaraan sepeda motor operasional Kadus yang nantinya dibeli pemerintah desa.

“Soal spesifikasinya pertama soal harga sekitar Rp 20 an juta. Tipenya bisa manual, bisa matic. Tidak boleh menyebut merek. Hanya spesifikasi aja,” ungkapnya memberi gambaran.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pemerintah desa untuk segera menetapkan postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2022. Untuk selanjutnya dokumen APBDes diajukan ke kabupaten.

“Jadi kalau APBDes sudah disahkan, langsung dieksekusi/diproses pengadaannya,” kata Zaenal.

berdasarkan informasi harga motor Honda yang didapatkan redaksi Lensa Mandalika untuk anggaran sebesar 20 Juta rupiah, para kepala dusun bisa mendapatkan motor matic seperti varian Honda Beat-Honda Genio dengan harga berkisar 18-19 Jutaan.

Sementara itu, untuk kendaraan Honda manual, para kadus bisa mendapatkan sejenis Revo hingga New Supra X dengan kisaran harga 16-20 Jutaan. 

Pada masa kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah beberapa waktu yang lalu, pasangan terpilih yakni Maiq-Meres santer tersiar kabar bahwa kendaraan operasional untuk para kadus adalah Yamaha N-MAX.

Namun demikian, dengan anggaran yang saat ini telah dipatok sebesar Rp. 20 Juta rupiah masing-masing kadus, maka mustahil untuk mendapatkan kendaraan operasional berupa yamaha NMax.

Mengutip situs resmi Yamaha, harga terbaru untuk varian N-MAX yaitu 30-35 Juta Rupiah. Dengan anggaran 20 Juta, untuk varian matic Yamaha, kadus di Lombok Tengah bisa mendapatkan motor sekelas Yamaha Mio, Mio Soult GT, dan Fino dengan harga berkisar 16-20 Juta Rupiah. (red/lm)