Lensamandalika.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno bakal mengikuti acara puncak gelaran pesta Rakyat Bau Nyale di Pantai Seger, Desa Kuta, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah pada 20-21 Februari mendatang.

Hal tersebut terungkap saat rapat final tersiapan perayaan bau nyale 2022 oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Pemkab Loteng).

Rapat tersebut membahas teknis skenario dalam berbagai kegiatan dari mulai carnaval sampai dengan malam puncak bau nyale.

Kepala Dinas Pariwisata Loteng Lendek Jayadi mengatakan, pada tanggal 18 mendatang akan diadakan mandalika pasion street carnival yang akan dilaksanakan di kantor bupati Loteng.

“Carnival ini akan dihadiri oleh putra putri se-Loteng yang terdiri dari 50 peserta dari semua kecamatan. Ini adalah kuota yang disepakati Satgas Covid-19 dan Forkopimda,” ungkapnya, Selasa 15 Februari 2021

Dikatakan, saat ini polanya berbeda dengan tahun kemarin, dengan undangan terbatas dan masyarakat juga dibatasi masuk area

“Event kali ini langsung bekerjasama dengan Kemenfarekraf,”

Kemudian pada tanggal 17, 18 dan 19, akan diadakan presean di pantai Senek Desa Kuta, kemudian pada tanggal 20 malam puncak akan diadakan di pantai sekitaran Novotel

“Kemudian malam puncak Event bau nyale akan tersebar di beberapa desa penyangga. Di desa Mertak akan ada acara betandak, Pantai Gerupuk ada wayang kulit, desa Tumpak pantai Mawun ada bepaosan, torok Aik Belek ada cilokak dan pantai Selong akan ada wayang kulit,” papar Lendek. (red/lm)