Lensamandalika.com – Jembatan yang diimpikan warga Dusun Pemoles Desa Batujangkih, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah sepertinya masih lama akan terwujud. Warga yang sudah lama beraktifitas tanpa adanya jembatan impian itu, tampak sudah terbiasa dan maklum pada keadaan.

Hal tersebut terlihat pada sebuah video yang diunggah akun facebook Khairil Anwar, Kamis (20/5/2022). Pada video yang sudah 94 kali dibagikan itu tampak seorang perempuan tengah hamil besar digendong oleh dua lelaki untuk menyeberangi sungai pemoles dengan arus yang cukup deras, ditambah wilayah tersebut baru selesai diguyur hujan.

“Hari ini wilayah bagian kami di guyur hujan lebat membuat air sungai naik besar. Dan sore ini ada warga masyarakat kami yang mau melahirkan ke puskesmas Batu Jangkih. Dengan cara ini dibantu warga untuk menyebrangi arus sungai,” tulis Khairil Anwar yang diketahui merupakan Kepala Dusun Pemoles.

Pada unggahannya yang lain, Khairil Anwar mengatakan sila ke 5 pancasila belum berlaku di Dusunnya.

“Pancasila berbunyi pada sila ke 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. alu adakah bunyi sila ke 5 di sini,” tulisnya dibumbui tanda tanya dan emoticon tertawa.

Pada kunjungan Gubernur NTB DR H Zulkieflimansyah ke Dusun Pemoles sekaligus perayaan Lebaran Ketupat, Senin (9/5/2022) yang lalu, masyarakat mengeluhkan kondisi mereka. Sudah lima tahun jembatan di dusun itu rusak, namun belum juga dibenahi. Selama itu pula, akses masyarakat setempat ke layanan pendidikan, kesehatan semakin sulit.

Mengutip JPNN, Kepala Dinas PUPR Lombok Tengah, Lalu Rahardian mengakui jika kondisi jembatan di Dusun Pemoles saat ini butuh perhatian.

“Kami berencana untuk melakukan perbaikan secara permanen terhadap jembatan itu,” katanya beberapa waktu yang lalu.

Dia mengatakan, sebelumnya rencana perbaikan jembatan akan dilakukan dari Belanja Tidak Terduga (BTT), namun belum bisa dilakukan.

Rahardian juga menegaskan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendorong agar perbaikan jembatan Dusun Pemoles menggunakan APBD perubahan.

“Kami akan fokus menangani jembatan Dusun Pemoles yang sudah lama dikeluhkan masyarakat,” ujarnya.

Dia menekankan, pihaknya telah merancang perbaikan secara darurat, namun masih menunggu musim hujan selesai agar pengerjaan berjalan lancar. (red/lm)

Keterangan foto: Seorang Ibu hamil di Dusun Pemoles, Desa Batujangkih, Praya Barat Daya Lombok Tengah dipapah dua lelaki menyeberangi sungai untuk pergi melahirkan ke Puskesmas (Foto: dok. tangkapan layar facebook/khairil anwar)