Bocoran Apple Iphone 12 Pro (Foto: Phonearena)

Lensatekno – Kehadiran suksesor iPhone 11, yaitu iPhone 12 semakin terendus berkat sejumlah bocoran yang santer tersiar

Yang terbaru, seorang YouTuber gadget kenamaan asal Rusia, Filip Koroy, merangkum beberapa bocoran iPhone 12 teranyar dalam sebuah video berdurasi sekitar 12 menit. 

Beberapa bocoran yang ia beberkan lewat channel YouTube EverythingApplePro berasal dari beragam sumber, salah satunya adalah pembocor ulung bernama Max Weinbach yang pernah memberikan bocoran fitur iPhone 11 dengan akurat.

Nah, seperti apa bocoran iPhone 12 yang diduga bakal diluncurkan pada bulan September 2020 ini? Simak rangkumannya sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Sabtu (7/3/2020).

Kamera dengan Resolusi 64 Mega Pixel

Peningkatan iPhone 12 yang paling signifikan disebut berasal dari sektor fotografi, di mana Apple bakal menyematkan kamera utama dengan resolusi mencapai 64 megapiksel yang didukung oleh sensor bikinan Sony.

Jika kabar ini akurat, maka ini merupakan pertama kalinya Apple mengikuti tren megapiksel besar.

Biasanya, perusahaan asal Cupertino, AS, ini bermain dengan kamera yang memiliki angka megapiksel kecil, seperti kamera 12 megapiksel pada iPhone XS Max dan iPhone 11 Pro Max, dan lantas dikombinasikan dengan software mumpuni.

Selain kamera dengan megapiksel jumbo, Apple juga dikabarkan bakal menghadirkan fitur pemotretan malam hari, lumrah disebut Night Mode, di seluruh modul kameranya, entah itu kamera selfie, kamera ultrawide, maupun kamera telefoto.

Apple Iphone 12 Pro (Foto: Phonearena)

Sebelumnya, fitur Night Mode biasanya menyertai kamera utama saja, sehingga apabila rumor ini benar, maka seluruh hasil foto yang diambil dari kamera manapun agaknya bisa jernih meski dijepret dalam kondisi minim cahaya.

Soal kamera ultrawide sendiri, iPhone 12 konon bakal dibekali dengan focal length yang ditingkatkan, memungkinkan ponsel bisa menjepret objek dalam jarak 2,2 cm ala fitur kamera makro.

Bukaan lensa (aperture) kamera ultrawide juga dikatakan bakal meningkat pula hingga ke angka f/1.6. Dengan nilai aperture demikian, hasil foto ultrawide iPhone 12 sejatinya bakal lebih terang ketimbang iPhone 11 Pro Max yang punya aperture f/2.4 pada kamera ultrawide-nya.

Peningkatan Kapasitas Baterai dan Support Jaringan 5G

Selain aspek kamera, baterai juga konon menjadi salah satu ranah yang dilirik Apple untuk iPhone 12. Berdasarkan pemaparan Koroy, baterai iPhone 12 Pro disinyalir bakal meningkat 10 persen, atau menjadi 4.400 mAh, dibanding iPhone 11 Pro Max yang punya 3.969 mAh. Tidak disebutkan berapa besar baterai iPhone 12 “reguler”. 

Adapun upaya peningkatan baterai pada deretan iPhone 2020 ini kabarnya dilatar belakangi oleh sejumlah fitur kekinian yang notabene bisa bikin baterai boros, seperti layar 120 Hz hingga penggunaan jaringan 5G.

Terkait 5G, iPhone 12 sendiri diduga kuat bakal dibekali dengan chip modem Snapdragon X60 5G yang mampu memadukan jaringan pada frekuensi sub-6 GHz dan mmWave untuk memberikan kecepatan internet ngebut.

Sayangnya, iPhone 12 disebut masih akan mengusung desain layar berponi (notch) lebar yang bisa jadi dipakai untuk memuat modul kamera dan beberapa sensor seperti para pendahulunya.

Sumber: Kompas Tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here