Lensadaerah – Penyebaran virus corona yang begitu cepat samapi terdeteksi di hampir seluruh belahan dunia membuat berbagai pihak waspada, tidak terkecuali Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

Demi memberikan pelayanan prima, hari ini, senin (9/3/2020) RSUD Praya mengadakan simulasi penanganan Pasien Virus Corona.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan lensamandalika.com terhadap Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan RSUD Praya, drg. Lalu Kurniawan, Simulasi tersebut dilaksanakan untuk memperjelas Standar Operasional Prosedur (SOP) yang akan dilakukan oleh rumah sakit jika ada pasien yang terindikasi terjangkit Covid-19.

“Kami sudah siapkan semua perlengkapan alat pelindung diri (APD), baik pasien maupun petugas. Untuk petugas, kami sudah siapkan perlengkapan khusus seperti Hazmat Suit atau baju astronot, dilengkapi dengan kacamatan google, dan sepatu boots yang dilengkapi juga dengan pelindung”, tuturnya.

Selain itu, RSUD Praya juga telah membentuk tim khusus untuk penanganan pasien yang ditengarai mengidap corona.

“Tim sudah kita bentuk, setiap hari akan ada tim yang stand by mengawasi pasien, terdiri dari 3 orang yakni dua orang perawat dan satu orang dokter. Selanjutnya akan dilakukan tiga shift, yaitu pagi, siang dan malam agar petugas bisa bergantian melakukan pengawasan”, lanjutnya.

Meskipun RSUD Praya hanya menjadi persinggahan karena pasien yang suspect atau positif corona nantinya akan di rujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB, namun perlu dipastikan terlebih dahulu status pasien tersebut.

Disinggung mengenai perawatan pasien di ruang isolasi, dia mengungkapkan bahwa ruang isolasi ditujukan untuk mendeteksi dan mengatasi gejala-gejala, pemberian obat-obatan dan pemakaian alat pelindung diri pada pasien. Jika nantinya pasien positif, akan dipersiapkan untuk dilakukan rujukan ke RSUP. (SJU)