Lombok Tengah – Jamaah yang tengah menunggu kedatangan Tuang Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi pada Tabligh Akbar Isra’ Mikraj bertempat di Masjid Al-Mujahidin, Dusun Ketangan, Desa Teruwai (11/3/2010) harus rela tidak bertemu dan mendengar tausyiah dari mantan Gubernur NTB dua periode itu.

Hal ini lantaran TGB menghadiri kegiatan penting di Jakarta yang mengharuskannya untuk membatalkan kehadirannya pada tabligh akbar di Desa Teruwai.

Sebagai pelipur lara jamaah yang terlanjur ingin mendengar tausyiah langsung dari TGB, Wakil Gubernur (Wagub) NTB, DR. HJ. Siti Rohmi Djalilah pasang badan menggantikan kehadiran adikya. Kedatangan Wagub NTB juga didampingi oleh Habib Ziadi Tohir dari Pengurus Daerah (PD) Nahdlatul Wathan (NW) Lombok Tengah.

Wakil Gubernur NTB, DR. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, bersalaman dengan jemaah Tabligh Akbar di Dusun Ketangan Desa Teruwai. Dibelakangnya, Haji Arta (Kepala Desa Teruwai) Foto: Dok.Lensamandalika.com

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali, walaupun ini mendadak. Saya sedang ada agenda, tiba-tiba di telepon untuk bisa hadir di teruwai. Ternyata Bapak TGB ada agenda yang sangat penting untuk dihadiri, TGB sendiri sangat berat untuk tidak hadir, mudah-mudahan kehadiran para Tuan Guru kita hari ini bisa mengobati kerinduan jemaah kepada TGB, insyaallah TGB juga rindu bertemu dengan jemaah. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa segera bertemu dengan TGB,” ungkap Wakil Gubernur.

“Kehadiran saya hanya untuk menghibur saja, mudah-mudahan jamaah berkenan. Kita sungguh bersyukur ada NW di NTB ini, karena memberikan peran yang begitu besar. Madrasah NW yang ada di NTB ini lebih banyak daripada Madrasah Negeri. Ini tidak lepas dari jasa Almagfurullah yang sepanjang umurnya diisi dengan perjuangan yang sekarang dilanjutkan oleh TGB”, lanjutnya.

Wagub juga menyampaikan kepada anak-anak muda untuk rajin menuntut ilmu, berbakti kepada orang tua dan Guru. Selain itu, dia juga turut menyinggung terkait penyebaran virus corona dan mengajak jemaah untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, salah satunya dengan makan sayuran seperti bayam dan daun kelor.

Wagub juga berharap agar jemaah menjaga kondusifitas dan keamanan wilayah, Mengingat sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Ketua Karang Taruna Desa Teruwai, Suiman Julifri mengungkapkan bahwa jemaah tetap antusias walaupun kehadiran TGB digantikan oleh Wakil Gubernur NTB.

“Jemaah berharap nanti suatu hari TGB bisa hadir, biar menjadi ganti ketidakhadirannya hari ini. Jemaah yang datang bukan hanya dari Desa Teruwai saja, melainkan dari desa-desa tetangga yang sangat antusias untuk mendengar tausyiah langsung dari TGB”, ungkapnya. (_dwr)