lensamandalika.com, Bali – Seorang warga di Bali melakukan aksi sukarela dengan menyemprot cairan desinfektan sepanjang jalan, demi mencegah penularan virus corona Covid-19.

Aksi tersebut viral di media sosial setelah dibagikan lewat unggahan akun @pakogahtamanpancing belum lama ini.

Dalam foto yang dibagikan, tampak sebuah sepeda motor berwarna hitam dilengkapi dengan beberapa botol penyemprot desinfektan. Botol-botol tersebut ditempatkan di keranjang bagian depan dan boks motor di belakang.

Ada dua buah tulisan yang dipasang di bagian depan dan belakang motor tersebut. Tulisan tersebut berbunyi: “Mohon Maaf sedang Dilaksanakan Penyemprotan Desinfektan Anti Virus Corona. Relawan @pakogahtamanpancing”.

Dari narasi yang dibagikan, akun @pakogahtamanpancing mengimbau para pemotor untuk menjaga jarak selama dirinya melancarkan aksi menyemprot desinfektan.

“Himbauan kepada seluruh pengendara yg kebetulan bertemu dengan saya agar menghindar, jangan malah mendekati/mengajak saya ngobrol / melambaikan tangan, namun abaikan saya aja,” tulis akun tersebut seperti dikutip lensamandalika.com via Suara.com, Senin (16/3/2020).

Dia juga mengatakan, selama beraksi sering berkendara secara darurat sehingga pemotor lainnya diimbau jaga jarak demi menjaga keselamatan.

Warga di Bali sukarela semprot desinfektan. (Instagram/@pakogahtamanpancing)

“Karena dalam melakukan penyemperotan ini sering dilakukan dengan menjalankan motor ini dengan gigi 1 + melepas kopling + mulut mengemut peluit, karena tangan kiri saya menggenggam botol semprotan desinfektan, bisa anda bayangkan betapa mengejannya gas motor ini. Nah jika saya tiba-tiba mengerem mendadak, bisa terjungkal,” imbuhnya.

Lebih lanjut, akun tersebut mengatakan aksi menyemprot desinfektan dilakukan secara sukarela untuk warga Bali. Hampir setiap hari dirinya akan berkeliling ke beberapa wilayah demi melancarkan aksi tersebut.

“Hari ini saya keliling guna melakukan penyemprotan anti virus Corona & sosialisasi mengenai dampaknya, menelusuri Bali Selatan yaitu daerah Legian, Kuta, Seminyak, Teuku Umar Barat hingga Denpasar Kota,” ungkapnya.

Warga di Bali sukarela semprot desinfektan. (Instagram/@pakogahtamanpancing)

Bahkan selama beberapa hari beraksi, pemotor tersebut telah menghabiskan puluhan liter desinfektan yang disemprotkan di sejumlah tempat umum.

“Tidak terasa dalam 3 hari terakhir ini berapa banyak botol yang habis, yang jelas udah habis puluhan liter Desinfektan, semuanya saya donasikan secara Gratis untuk Bali,” tulis pria itu, memungkasi.

Tak ayak, aksi mulia ini mendapat respons positif dari warganet yang ramai memberikan doa.

“Matur suksma pak ogah ! Semoga sehat selalu dan panjang umur,” tulis @aldikrisnanda.

“Mulia sekali bapak ini,sehat selalu pak ya” kata @myradty_.

“Semangat bapak berhati malaikat…@pakogahtamanpancing,” timpal @laksmi_zen.

(lensamandalika.com/LSI)

Sumber : suara.com