Lifestyle – Saat ini wabah COVID-19 sudah merebak dimana-mana. Lalu, bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapinya? Pemerintah baik pusat dan daerah menghimbau masyarakat agar sering-sering cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah dan lainnya. Menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang oleh virus ini tentu merupakan salah satu langkah preventif yang patut untuk kita lakukan.

Penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan COVID-19 telah dilakukan oleh gabungan periset Indonesia yang berasal dari berbagai insansi seperti Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University.

Baca Juga: Lawan Corona dengan Perbanyak Stock Antibodi, Berikut Ulasannya

Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara mengatakan, senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, salah satunya hesperidin.

Dia menambahkan, hesperidin terdapat dalam semua jenis jeruk sehingga yang bisa digunakan tidak harus jeruk buah, melainkan bisa juga memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” tambahnya

Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus. Tentu menjadi pertanyaan orang awam, Dimanakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Rasa pahit tersebut menunjukkan kandungan hesperidin ada di dalamnya.

p class=”artikel-terkait”>Baca Juga: Ampuh! Daun Kelor Perkuat Imunitas Tubuh dari Serangan Virus Corona.

Jik banyak orang terkendala meminum jus jeruk langsung dengan kulitnya karena rasa pahit yang ditimbulkan, bisa disiasati dengan membuat infuse water dari jeruk. Caranya dengan mengiris jeruk beserta kulitnya kemudian tempatkan didalam botol infuse water. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga secara langsung masuk ke tubuh kita. Namun sebelum melakukan percobaan diatas, Jangan lupa untuk cuci bersih jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

(red/_dwr)