Sepi Pendaftar, Unram Batal Laksanakan Wisuda Online

0
Ilustrasi Pelaksanaan Wisuda secara online di Jepang yang dilakukan dengan bantuan Robot (Foto: Dok. Isitmewa)

Lensamandalika.com – Universitas Mataram (Unram) membatalkan pelaksanaan Wisuda Online Periode Maret yang sejatinya akan dilaksanakan pada 18 Juni 2020 mendatang lantaran sepinya calon wisudawan yang mendaftar untuk kegiatan wisuda yang pertama kali dilaksanakan dalam sejarah Unram tersebut.

Pelaksanaan wisuda secara online oleh Unram disebabkan karena masih berlangsungnya pandemi corona di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dikhawatirkan jika dilaksanakan acara wisuda seperti biasa bisa memperluas penyebaran virus corona karena berpotensi menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah yang sangat besar.

Meski begitu, bagi calon wisudawan yang telah mendaftar dan telah membayar biaya wisuda bisa melakukan pengembalian dana dengan beberapa alternatif yang ditawarkan oleh pihak kampus.

Adapun kriteria pengembalian tersebut adalah pengembalian biaya secara keseluruhan, pengembalian biaya wisuda kecuali biaya pembelian toga, dan terakhir tidak mengajukan pengembalian sama sekali.

Untuk pengembalian biaya wisuda secara keseluruhan, calon wisudawan harus mengembalikan kelengkapan toga yang pernah diterima. Untuk diketahui, Universitas Mataram telah melakukan pengiriman toga sebelumnya kepada para calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda online.

Selanjutnya, untuk yang memilih opsi kedua maka tidak perlu lagi melakukan pembayaran untuk pembelian toga. Tinggal melakukan pendaftaran kembali sesuai alur yang akan ditentukan kemudian.

Terakhir, bagi yang tidak melakukan pengembalian biaya, maka tidak perlu mengurus biaya pembayaran jika nantinya wisuda reguler ataupun online jadi dilaksanakan.

Sementara itu, khusus yang memilih pengembalian biaya wisuda, mekanisme pengembaliannya adalah dengan melakukan pendaftaran pada laman http://wisuda.unram.ac.id da selanjutnya mengisi isian nomor rekening pengembalian biaya wisuda.

Pengisian nomor rekening mulai dapat dilakukan tanggal 19-30 Juni 2020 dan akan dilakukan pengembalian biaya wisuda dengan metode transfer sesuai nomor rekening yang dimasukkan pada saat pendaftaran.

Selanjutnya, untuk pelaksanaan wisuda pada periode wisuda bulan Maret 2020 yang tertunda, pihak Unram tetap akan melaksanakannya dengan waktu yang akn ditentukan kemudian. (red/LM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here