Tepis Rumor Pensiun, VR46 Akan Balapan di Sirkuit Mandalika dengan Tim Baru

0
Juara Dunia MotoGP 9 Kali, Valentino Rossi (Foto: Dok. Istimewa)

Lensamandalika.com – Valentino Rossi atau singkatnya VR46 (Inisial yang sering digunakan Rossi di MotoGP) dirumorkan mau mengakhiri karier balapannya di dunia MotoGP tahun depan. Isu tersebut langsung dibantah oleh The Doctor.

Rossi diklaim bakal segera mengumumkan gantung helm dari dunia balapan seusai balapan MotoGP San Marino yang berlangsung Minggu (23/9/2020) malam WIB mendatang. Beberapa laporan menyebut rider 41 tahun itu ingin pensiun lantaran dirinya belum mendapatkan tim baru selepas kontraknya habis bersama Monster Energy Yamaha pada akhir musim ini.

Juara dunia sembilan kali itu sebelumnya beberapa kali dikaitkan dengan kepindahan ke tim Petronas Yamaha SRT. Namun sampai saat ini, belum ada kesepakatan kontrak di antara kedua pihak.

Valentino Rossi sendiri ikut angkat bicara soal spekulasi yang mengklaim dirinya akan pensiun lantaran gagal digaet tim Petronas Yamaha tahun depan. Menurutnya, isu tersebut tidak benar dan dia menegaskan bakal tetap balapan di MotoGP 2021.

“Tidak, itu tidak benar, situasinya seperti dua atau tiga minggu lalu. Kami mengambil waktu dengan Yamaha karena kami tidak terburu-buru dan ada sesuatu yang mesti diperbaiki,” kata Rossi, dilansir dari Crash.

“Namun kami sangat dekat untuk kesepakatan itu dan saya akan balapan dengan Petronas tahun depan. Saya mau bilang 99 persen karena sekarang belum ditandatangani, tetapi saya rasa kami bakal mengumumkannya di Barcelona,” dia menambahkan.

“Terkait kabar saya pensiun, itu berita besar, bukan? Jika di internet anda menuliskan ‘Valentino pensiun’, maka ada banyak orang yang membacanya. Saya rasa isu itu muncul untuk alasan tersebut karena tidak ada alasan lain lantaran situasinya belum berubah,”.

“Saya sudah sering bilang beberapa kali kalau saya akan balapan tahun depan, tetapi mungkin saja yang lebih menarik kalau dikatakan saya bakal pensiun. Saya tidak tahu kalau itu muncul karena mereka [media] ingin saya pensiun,” ujar Valentino Rossi soal isu dirinya mau gantung helm dari MotoGP tahun depan.

Dengan ditepisnya isu pensiun tersebut oleh VR46, maka secara tersirat memberikan gambaran bahwa dirinya sudah pasti akan mengikuti MotoGP 2021 dengan salah satu seri yang akan berlangsung di Lombok-Indonesia pada Oktober 2021 mendatang. Terlebih Dorna sebagai penyelenggara MotoGP sudah menempatkan Sirkuit Mandalika sebagai salah satu tuan rumah melalui calender event MotoGP yang sudah ramai beredar di dunia maya.

Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto mengatakan bahwa balapan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dipastikan sesuai jadwal tanpa adanya penundaan, apalagi pembatalan.

MGPA sebagai penanggungjawab pembangunan sirkuit dan urusan teknis balapan memastikan tetap dan terus mengawal baik pekerjaan fisik maupun non fisik, mengingat sirkuit di KEK Mandalika menjadi satu-satunya street race circuit cluster di dunia.

Terbaru, melansir dari situs resmi MotoGP, GP Indonesia bertempat di sirkuit Mandalika rencananya akan digelar pada seri ke-15, setelah seri Malaysia dan Thailand. Meski begtiu, tidak tertera waktu pelaksanaan balapan tersebut. (red/LM)