Lensamandalika.com – Setelah ramai tudingan soal ketidakpedulian terhadap warga Dusun Ebunut, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang terisolir di tengah Sirkuit Mandalika, Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah akhirnya datang blusukan menemui warga, Ahad (22/7/2021).

Bang Zul sapaan akrabnya, datang berdua dengan berboncengan menggunakan sebuah sepeda motor bersama istrinya Hj. Niken tanpa pengawalan protokoler seperti biasanya. Ia tampaknya tak ingin berjarak dengan warga Dusun Ebunut sehingga memutuskan langsung berkunjung.

“Disamping ingin suasana baru, juga Penasaran ingin melihat secara langsung keadaan masyarakat yang viral dan jadi berita nasional karena terjebak di tengah sirkuit MotoGP Mandalika,” ungkap Bang Zul berbagi cerita melalui laman facebooknya Bang Zul Zulkieflimansyah.

Turun langsung ke masyarakat menurutnya sudah semacam hoby yang menghadirkan keasyikan tersendiri. Selain itu, dengan turun langsung dirinya bisa langsung meresapi keadaan di lapangan, bukan hanya berdasarkan laporan yang belum tentu merefleksikan kenyataan yang sebenarnya terjadi.

“Dari ngobrol-ngobrol sambil ngopi dengan warga ternyata mereka memang perlu mendapat perhatian walaupun tak seheboh yang di beritakan,” imbuhnya.

Setelah pengaspalan sirkuit Mandalika rampung, Bang Zul mengakui bahwa masyarakat ada kesulitan akses keluar masuk. Hal tersebut menurutnya disebabkan karena akses yang terbatas, deadline yang mepet serta load pekerjaan yang banyak sehingga pekerjaan menjadi semakin ketat.

“ITDC harus memperbaiki pola komunikasi dengan kontraktor-kontraktor di lapangan agar hal-hal seperti kemarin tak terjadi lagi akibat miskomunikasi,” imbaunya.

Dari hasil kunjungan langsungnya itu, dia menjelaskan bahwa terdapat dua akses keluar masuk bagi warga yang berada di tengah sirkuit, yaitu Tunnel atau terowongan 1 dan 2.

“Ini kemarin menjadi masalah karena terowongannya susah di lewati karena di penuhi air karena rembesan. Karenanya Pihak ITDC atau kontraktor yg bertanggungjawab harus segera mengatasi masalah terowongan yang di penuhi air ini. Alhamdulillah ketika kami di lapangan nampaknya sudah ada upaya untuk memasang pompa di bagian utara dan selatan untuk mengeringkan terowongan yang di penuhi air. Kalau ini teratasi insya Allah akses keluar masuk tak lagi jadi masalah. Amiin. Kalau terowongan tak bisa di keringkan maka harus di buat akses yg lain,” jelasnya memberikan solusi.

Selengkapnya terkait hasil blusukan Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah ke Dusun Ebunut yang terisolir di tengah Sirkuit Mandalika, dapat dibaca pada laman facebook resmi milik Bang Zul dibawah ini

Selain mengunjungi warga setempat dan menampung keluh kesah mereka lantaran masih terisolir di tengah Sirkuit Mandalika, Gubernur dan istri juga menyempatkan turun ke Pantai Ebunut yang memang tampak indah terlihat dari foto Ia unggah. (red/lm )