Lensamandalika.com – Dalam rangka mencegah kemungkinan terjadinya penumpukan massa dan kendaraan selama perhelatan World Super Bike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 19-21 November 2021, Dirlantas Polda NTB akan memberlakukan penyekatan penyekatan di ruas-ruas jalan utama dari kota mataram Bandara Internasional Lombok hingga semua pintu pintu masuk DSPN Mandalika.

Pada hari ini, Kamis 18 November 2021, Dirlantas Polda NTB, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ketua dan jajaran pengurus Mandalika Hotels Association melaksanakan rapat koordinasi teknis penyekatan-penyekatan yang dimaksud diatas.

Adapun beberapa hal penting yang menjadi catatan yang harus dimaklumi oleh warga dan pengunjung yang berada atau akan menuju ke arah Mandalika adalah sebagai berikut.

  1. Penutupan Akses di DSPN Mandalika

Mengingat kemungkinan arus kendaraan yang akan memadati wilayah mandalika selama perhelatan balap motor di sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya bagi yang datang untuk keperluan berkerja dan menonton event balap WSBK dan IATC. Untuk kegiatan umum seperti surfing, rekreasi dan kunjungan biasa untuk sementara akan ditutup dan diarahkan di luar kawasan Mandalika.

  • Mekanisme pengunjung yang akan menonton WSBK dan IATC

Pengunjung yang sudah mengantongi tiket, pada setiap pos pembatasan akan diminta menunjukkan tiket menonton, voucher hotel atau tanda booking (reservasi) hotel di Mandalika. Kendaraan yang digunakan akan dilabeli stiker khusus dan diarahkan untuk mendapat fasilitas rapid antigen gratis dan diberikan gelang berwarna khusus sesuai jenis tiket yang dibeli.

Untuk kendaraan fasilitas antar jemput dari hotel juga untuk segera mendaftarkan diri di Dinas Perhubungan Provinsi atau Dinas Perhubungan Lombok Tengah yang dikoordinir langsung oleh Organda (Organisasi Angkutan Darat).

Kendaraan yang sudah dilabeli stiker khusus bisa mengantar dan atau menjemput pengunjung hanya sampai parkiran utama, yaitu di Tanjung An untuk yang berkunjung melalui jalan bypass baru BIL-Mandalika atau menginap di hotel sekitar area tersebut maupun luar kabupaten Lombok Tengah.

Sedangkan parkiran barat akan difokuskan di Masjid Nurul Bilad dan beberapa pecahan parkir diseputaran wilayah tersebut.

Selanjutnya, pengunjung yang sudah memiliki tiket, gelang dan lolos uji kesehatan, akan didrop menggunakan shuttle bus yang disediakan panitia penyelenggara balapan, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) ke tribun penonton di dalam sirkuit.

  • Kebijakan terhadap warga dan pekerja didalam kawasan Mandalika

Untuk warga yang berdomisili di dalam dan sekitar kawasan cukup dengan menunjukan ID Card berupa KTP atau SIM sedangkan perkerja bisa dengan menunjukkan ID Card perusahaan, kartu karyawan dan sejenisnya.

Selama perhelatan, disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi karena dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan dan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai tujuan.

Demikian juga untuk pelaku usaha Hotel dan Restaurant agar memastikan stok makanan dan minuman sudah cukup sehingga tidak ada kendala dengan ketersediaan bahan baku untuk kebutuhan operasional selama tiga hari kedepan.

Supplier dari luar kabupaten juga tidak bisa seleluasa hari-hari sebelumnya. Untuk kendaraan logistic sendiri diarahkan untuk melintas keluar masuk diatas jam 22.00 malam hingga sebelum jam 5 dini hari.